Marine Center Rp189 Miliar Akan Dibangun di Pangandaran

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Pantai Timur Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menjadi lokasi berdirinya pengembangan produksi perikanan sekaligus destinasi wisata. Kawasan Marine Center dengan alokasi anggaran Rp189 miliar akan dibangun di lahan seluas tujuh hektare.

Pepedan Hills, Bukit Selfie Penuh Pesona di Utara Pangandaran

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menjelaskan, pengembangan pembangunan Kabupaten Pangandaran saat ini tidak hanya menjadi perhatian pemerintah provinsi dan kabupaten.

"Pemerintah pusat berencana membangun Marine Center. Ada anggaran Rp189 miliar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk itu," ujar Aher, sapaan Ahmad Heryawan, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 23 Juli 2016.

Libur Lebaran, Pantai Pangandaran 'Minta' Korban

Menurut dia, distribusi ikan hasil tangkapan nelayan akan berlabuh di kawasan tersebut. Pelelangan ikan juga dibangun di lokasi itu. Hal itu bisa memberikan edukasi kepada wisatawan dari dalam dan luar negeri.

"Ya, fasilitas wisata dan fasilitas perikanan sekaligus. Pusat pelelangan di situ, pusat nelayan di situ sekaligus wisata," kata Aher.

Ratas Bahas Geopolitik, Airlangga: Cadangan Devisa Kita Masih Kuat

Aher menambahkan, Marine Center diprioritaskan tidak hanya memberikan edukasi, namun menyediakan kuliner berbasis perikanan hasil tangkapan nelayan. "Iya, di situ tempat berlabuh, ada Break Water, restoran berbasis ikan, jadi kompleks terpadu," katanya.

Pembangunan ini, menurut Aher, sepenuhnya berada dalam kewenangan pemerintah pusat. "Lahannya sudah ada 17 hektare, yang digunakan tujuh hektare. Top lah, itu program pusat, pembebasan lahannya juga pusat," ujar Aher.

Pangandaran

Pesona Tempat Wisata Pangandaran yang Indah

Banyak spot dengan kecantikan alam yang tak ada duanya di sini.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2017