Burung dan Durian Pemudik Ditinggal di Stasiun Senen

Pemudik penuhi Stasiun Pasar Senen.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Rebecca Georgina

VIVA.co.id – Masyarakat yang melakukan tradisi pulang kampung atau mudik dengan menggunakan moda transportasi kereta api, diminta tidak membawa binatang peliharaan ataupun buah-buahan yang berbau menyengat. Hal itu disampaikan oleh Senior Manager Humas PT.KAI Daop 1 Jakarta, Bambang S Prayitno.

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

"Kami ingatkan agar penumpang tidak membawa binatang, buah-buahan yang berbau menyengat seperti durian, cempedak, nangka dan sejenisnya, juga tidak membawa senjata tajam atau senjata api tak berizin," kata Bambang di posko humas Stasiun Pasar Senen, Sabtu, 2 Juli 2016.

Hal itu ditegaskan Bambang karena sebelumnya sempat ada sejumlah kasus di mana penumpang membawa buah durian dan burung ke dalam kereta. Akhirnya, kata dia, terpaksa mereka harus tinggalkan di stasiun karena tidak boleh dibawa masuk ke kereta.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Tidak banyak, tapi ada beberapa kasus seperti itu. Ada yang bawa tiga durian dan burung peliharaan, akhirnya ya tidak bisa dibawa, harus ditinggalkan di stasiun," kata Bambang.

Tidak hanya itu, penumpang juga diimbau agar tetap mempertimbangkan estimasi waktu tempuh dari rumah tinggal menuju stasiun, sehingga tidak tertinggal KA dan pastikan membawa identitas asli.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

"Alhamdulillah semua sistem operasi berjalan dengan aman lancar dan terkendali, begitu juga keberangkatan penumpang dari stasiun Pasar Senen dan Gambir," ucapnya.

Masa Posko Angkutan lebaran ini PT.KAI Daop 1 Jakarta,  menyiapkan jumlah seat  per hari sebanyak 37.948 seat, dengan rincian :

- 52 Perjalanan KA Reguler dengan total seat 27.400 (Kelas Eksekutif 8.600, Bisnis 3.520, Ekonomi 15.280 seat).

- KA tambahan 14 Perjalanan KA dengan total seat per hari 7.766 seat (Eksekutif 2.550, Bisnis 128, Ekonomi 5.088 seat).

- KA Fakultatif tujuh perjalanan KA yang berjalan pada hari tertentu dengan jumlah seat  2.782 seat (eksekutif 1.950, Bisnis 832 seat).

Jumlah penumpang pada masa posko angkutan Lebaran 2016 ini diprediksi mengalami kenaikan 5 persen dibandingkan tahun 2015. Pada tahun 2015 volume penumpang terangkut 1.519.487, sedangkan prediksi tahun 2016 adalah 1.598.000 penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya