Sudah 1.878.103 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Ilustrasi macet mudik.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Berdasarkan data Dirjen Hubungan Darat Kementerian Perhubungan sejak H-12 hingga H-4 kendaraan yang meninggalkan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi sudah mencapai 1.878.103.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

"Sejak H-12 sampai H-4, total kendaraan yang keluar Jabodetabek 1.878.103 (kendaraan)," kata  petugas Dirjen Hubungan Darat Kemenhub, Fatma, Sabtu, 2 Juli 2016.

Sementara pada hari ini hingga pukul 10.30 WIB total jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek, berjumlah 196.133 kendaraan. Jumlah terbanyak kendaraan yang keluar, terjadi di Tol Cileunyi sebanyak 57.274 kendaraan. Sementara di Ciasem, kendaraan yang keluar sudah mencapai 52.762 kendaraan.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Sementara itu kepadatan terlihat di wilayah Tasikmalaya. Dari pantauan di Posko Pusat Mudik Kementerian Perhubungan, arus kendaraan roda dua dan empat sudah mulai menumpuk di Tasikmalaya. Akibatnya, laju kendaraan tersendat.

"Ini sudah mulai tersendat, di Tasikmalaya," kata Fatma. Hal ini berarti,  kendaraan pemudik sudah mulai banyak memasuki kawasan Tasikmalaya atau memang yang bertujuan mudik ke Tasikmalaya.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

Dari monitor juga, kawasan Merak yang melintas menuju Sumatera, juga padat. "Kalau Merak sudah sejak kemarin," katanya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021