Menteri Jonan Lepas 25 Ribu Pemudik Motor

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat lepas pemudik
Sumber :
  • Bayu Nugraha / viva.co.id

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melepas acara mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pelepasan mudik tersebut bertempat Museum Purna Bakti Pertiwi, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Dishub DKI Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Akan Diumumkan Pekan Depan

Jonan mengatakan, tahun ini Kemenhub memberangkatkan 25 ribu pemudik dengan 560 bus. "Kalau total itu sekitar 25 ribu pemudik berarti 560 bis kira-kira," kata Jonan saat melepas para pemudik, Sabtu, 2 Juli 2016.

Menurut mantan Dirut PT KAI ini, mudik yang diselenggarakan Kemenhub mengutamakan pemudik yang awalnya akan menggunakan sepeda motor.

KAI Sediakan 480 Tiket Mudik Gratis untuk Keberangkatan 2 April 2024, Simak Cara Daftarnya

"Itu yang diutamakan yang pakai sepeda motor, motornya diangkut pakai truk, jadi orangnya pakai bus. Kalau pakai kereta api, angkut motornya gratis tapi orangnya bayar," katanya.

Mengenai arus balik para pemudik, Jonan mengatakan, sekitar 30-40 persen akan kembali mengikuti arus balik gratis. Dia pun berharap, setiap tahunnya peserta mudik gratis akan terus bertambah.

Layani Permintaan Mudik Gratis Bus, Damri Gandeng PO Bus Swasta

"Ini yang kelima kalinya, makin lama makin banyak kuotanya, mungkin tahun depan coba 50 ribu pemudik," ujarnya.

Sejumlah pemudik yang ikut dalam kegiatan mudik gratis Kemenhub mengaku merasa terbantu. "Wah senang banget, makasih banget buat Kementerian Perhubungan. Saya sudah kali ikut mudik bareng gratis Kementerian Perhubungan. Lumayan tidak mengeluarkan biaya dan aman," ujar salah seorang pemudik kepada Jonan.

Mudik pakai kapal perang

INFOGRAFIK: Extraordinary Mudik Gratis Naik Kapal Perang

TNI AL kembali menyelenggarakan program Mudik Gratis Naik Kapal Perang untuk masyarakat Jakarta yang belum memiliki tiket mudik.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024