Sabtu Pagi, Stasiun Senen Masih Sepi Pemudik

Stasiun Pasar Senen di Jakarta Pusat pada Sabtu, 2 Juli 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi I Jakarta memperkirakan jumlah pemudik dengan kereta dari Ibu Kota meningkat pada empat hari sebelum Lebaran Idul Fitri (H-4), yakni Sabtu, 2 Juli 2016.

Geger Pria Sukabumi Jatuh Tergeletak Tewas di Terminal Senen

Sebagian besar warga Jakarta memilih hari ini untuk mudik ke kampung halamannya. Namun diperkirakan juga belum ada lonjakan berarti jumlah penumpang kereta, terutama di Stasiun Pasar Senen, dibandingkan pada H-4 Lebaran pada tahun 2015.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id pada Sabtu pagi, suasana persiapan mudik di Stasiun Pasar Senen cukup lengang dan belum dipadati calon penumpang.

Tinjau Stasiun Pasar Senen, Said Aqil Siradj: 90-an Kotor dan Kumuh

Senior Manager Hubungan Masyarakat PT KAI Daerah Operasi I Jakarta, Bambang S Prayitno, menyebut sepinya arus mudik pagi itu karena keberangkatan kereta menuju ke Purwokerto melewati Bandung.

"Karena ini ke Bandung dahulu, jadi tidak begitu ramai, tapi tetap penuh. Ke Bandung, kan, banyak jalur alternatif lainnya. Yang ramai arus mudik ke Jawa Tengah," kata Bambang ditemui VIVA.co.id di Posko Stasiun Pasar Senen.

Tes GeNose Dimulai Hari Ini di Stasiun Pasar Senen, Penumpang Antusias

Bambang memperkirakan jumlah penumpang kereta meningkat dibanding pada Lebaran tahun 2015. Peningkatan itu karena perbedaan hari keberangkatan dan hari libur daripada tahun lalu. Tahun ini bakal lebih ramai karena sebagian besar masyarakat sudah libur sejak kemarin.

"Yang jelas volume penumpang meningkat dari tahun lalu. Jumlah kereta yang disediakan juga beda," kata Bambang.

Berdasarkan data yang diterbitkan manajemen Stasiun Pasar Senen, keberangkatan pagi ini hingga pukul 09.00 WIB sudah mencapai 7.431 pemudik, terdiri enam kereta reguler, dua kereta tambahan, dan satu kereta khusus Lebaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya