H-4 Lebaran, Brebes Timur Masih Macet

Kepadatan pemudik di Pintu Tol Keluar Brebes Timur.
Sumber :
  • NTMC Polri

VIVA.co.id – Rekayasa lalu lintas dengan sistem contra flow baik dari Brebes menuju Tegal atau sebaliknya masih dilakukan guna mengatasi kemacetan akibat membeludaknya kendaraan pemudik yang ingin keluar melalui pintu keluar Tol Brebes Timur.

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Hujan memperparah kemacetan karena jarak padang terbatas. Kemacetan sejak dari Tol Brebes Timur sangat menguras energi pemudik. Jauhnya rest area sangat dikeluhkan masyarakat. Pengendara setidaknya harus ikut antre selama 3 atau 4 jam untuk keluar tol.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen (Pol) Condro Kirono mengimbau agar masyarakat terus menjaga keselamatan dengan tetap waspada saat berkendara. Secara umum angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah telah terjadi hingga 86 kali selama arus mudik dan menyebabkan enam orang meninggal dunia.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

"Yang pasti jaga kesehatan, kendaraan juga diperhatikan apakah layak jalan atau tidak, lalu patuhi rambu-rambu lalu lintas, tertib, tidak buru-buru, karena sanak saudara menunggu di rumah," kata Condro Kirono di Brebes Timur, Jumat malam, 1 Juli 2016.
 

H-4, Brebes Macet Parah

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

Volume kendaraan di Brebes Timur naik 300 persen kurang dari setengah hari pada Jumat, 1 Juli 2016. Tercatat sudah 76 ribu kendaraan yang melintas di wilayah itu pada malam harinya. Pada hari normal, biasanya hanya ada 22 ribu kendaraan melintas.

Hingga dini hari ini, Sabtu, 2 Juli 2016 atau H-4 Lebaran, kemacetan panjang masih terjadi. Buntut kemacetan sudah sampai di KM 267.

Penyebab kemacetan adalah kondisi jalan di pertigaan Brebes yang merupakan pertemuan kendaran dari Brebes ke Tegal dan sebaliknya. Lalu lintas menjadi ruwet saat gelombang kendaraan pemudik datang dari arah tol.

"Brebes Timur sudah padat, kendaraan sudah meningkat 300 persen, normalnya 22 ribu tapi sekarang sudah 76 ribu kendaraan," kata Condro Kirono.

Condro Kirono menambahkan, sistem contra flow masih tetap dilakukan guna mengatasi kemacetan panjang yang juga berdampak pada lalu lintas yang mengarah ke Purwokerto, Jawa Tengah. Macet karena volume memang sudah diprediksi, karena pada Jumat hingga Sabtu hari ini dianggap puncak mudik Lebaran 2016.

Diimbau Hindari Keluar Tol Brebes Timur

Pemudik diimbau untuk menghindari keluar Tol Brebes Timur dan memilih pintu Tol Brebes Barat dan Tol Pejagan agar tidak terjebak kemacetan yang cukup panjang. Tapi, melalui jalan non tol pemudik akan lebih leluasa berjalan ketimbang harus antre di dalam tol karena tidak ada rest area.

Sementara itu, koordinasi telah dilakukan Polda Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk mengendalikan kemacetan parah yang terjadi di Brebes, Jawa Tengah, yang hingga dinihari ini masih terjadi.

Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes (Pol) Sugihardi mengatakan, penempatan personel dan pemasangan petunjuk arah telah dipersiapkan untuk menunggu limpahan pemudik yang terpaksa ingin keluar dari tol untuk menghindari kemacetan di pintu keluar Tol Brebes Timur.

"Kami bersiap, bila ada pemudik yang ingin melalui jalur Pantura lama. Keluar Tol Kanci," ujar Sugihardi kepada VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya