Reformasi Perpajakan Tak Berhenti di Tax Amnesty

Presiden Jokowi saat pencanangan program pengampunan pajak
Sumber :
  • Kris - Biro Pers Setpres

VIVA.co.id – Undang-undang Pengampunan Pajak, atau Tax Amnesty hanya tinggal menunggu paraf Presiden Joko Widodo untuk bisa segera diimplementasikan. Dalam upaya mereformasi perpajakan nasional yang terus dilakukan pemerintah, tax amnesty dipastikan bukanlah satu-satunya insentif terakhir yang diberikan.

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

Presiden Joko Widodo memastikan, revisi Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, merupakan langkah selanjutnya yang akan ditempuh pemerintah untuk mereformasi sistem perpajakan nasional. Hal ini akan dijalankan, seiring dengan implementasi dari kebijakan tax amnesty.

“Revisi total UU KUP, UU PPN (Pajak Pertambahan Nilai), UU PPh (Pajak Penghasilan). Kami ingin negara kita kompetitif dalam hal perpajakan,” ujar Jokowi, sapaan akrab Presiden di Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat 1 Juli 2016.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Menurut Jokowi, ada beberapa negara tetangga yang memiliki tarif perpajakan yang jauh lebih menarik dari tarif yang diberlakukan di Indonesia. Ini yang pada akhirnya membuat pemerintah berinisasi untuk menciptakan sistem perpajakan, yang mampu bersaing dengan negara-negara tersebut.

“Kalau negara lain menjadi daya tarik, kita juga bisa melakukan itu. Jadi, tidak akan berhenti di tax amnesty. Kalau tidak seperti itu, negara kita tidak akan bisa berkompetisi dan bersaing dengan negara lain,” tegas Jokowi.

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

Sebelum reformasi secara menyeluruh itu dilakukan, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun meminta kepada Direktorat Jenderal Pajak agar segera berbenah diri, dalam melakukan reformasi di tubuh internalnya. Sehingga, upaya reformasi tersebut sejalan dengan rangkaian program yang dicetuskan pemerintah.

“Ditjen Pajak harus mereformasi untuk lebih profesional. Tunjukan integrita dan tanggung jawab bahwa penerimaan negara sangat penting bagi pembangunan bangsa dan negara. Karena, ini bukan hanya untuk penerimaan tahun ini, tetapi untuk di tahun-tahun mendatang,” katanya. (asp)

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023