Ribuan Motor Pemudik Gratis Tiba di Solo

Petugas sedang menurunkan motor milik pemudik yang dikirimkan lewat truk di Solo Surakarta, Jumat (1/7/2016). Ribuan motor ini tiba lebih dahulu dibanding pemiliknya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Sebanyak 1.400 unit sepeda motor yang diangkut dengan truk mulai berdatangan ke Kota Solo Surakarta. Sepeda motor yang diangkut 28 truk tersebut merupakan bagian dari program mudik kendaraan gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan.

Musim Mudik, Ribuan Kendaraan Roda Dua Sesaki Arteri Bekasi

Pengiriman 1.400 unit sepeda motor milik pemudik itu dilakukan secara bergelombang. Hari ini, Jumat 1 Juli 2106, merupakan gelombang pertama dan titik penurunan dilakukan di Terminal Tirtonadi Solo yang areanya lebih luas dibandingkan titik penurunan saat arus mudik tahun lalu di halaman Kantor Dishubkominfo Surakarta

Motor yang diturunkan dari truk selanjutnya diparkir berbaris rapi di sebelah timur pintu masuk utama Terminal Tirtonadi. Saat ini yang tiba baru sepeda motornya, sedangkan sang pemilik baru akan menyusul tiba di Solo sekitar dua hari mendatang juga dengan angkutan bus mudik gratis.

Mudik Gunakan Sepeda Motor Bakal Kena Tilang, tapi...

Kepala Dishubkominfo Surakarta, Yosca Herman Sudrajat mengatakan, program mudik kendaraan gratis ini merupakan kebijakan dari Kementerian Perhubungan untuk menurunkan terjadinya angka kecelakaan sepeda motor saat arus mudik. Dibandingkan tahun lalu, jumlah pemudik yang memanfaatkan program ini melonjak hingga 300 persen.

"Peminatnya melonjak drastis. Tahun ini sepeda motor yang diangkut truk untuk mudik gratis menuju Solo mencapai 1.400 unit. Karena banyaknya jumlah sepeda motor, titik penurunan dialihkan ke terminal," kata Herman di Terminal Tirtonadi, Jumat, 1 Juli 2016.

Kakorlantas Minta Pemudik Motor Jangan Bawa Lemari

Setelah sepeda motor milik pemudik tiba di Solo, kata Herman, selanjutnya pemilik sepeda motor yang juga pemudik itu akan tiba menyusul di Terminal Tirtonadi Solo dengan menggunakan bus mudik gratis yang disediakan pihak Kementerian Perhubungan. "Program seperti ini sangat diminati karena pemudik tidak capek di jalan mengendarai sepeda motor," katanya.

Sesampainya di Solo, selanjutnya pemudik langsung mengambil motor miliknya untuk meneruskan perjalanan ke kota tujuan para pemudik. "Para pemudik yang ikut mudik kendaraan gratis itu berasal dari Solo,Wonogiri, Sukoharjo, Boyolali, Purwodadi, Blora hingga Ngawi.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya