H-5 Lebaran, Ratusan Pemudik Padati Terminal Pulo Gadung

Para pemudik di Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat, 1 Jumat 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Ade Alfath

VIVA.co.id – Ratusan pemudik mulai memadati Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat, 1 Juli 2016 atau lima hari menjelang lebaran (H-5).

Kemenhub: Mudik Tahun Ini Relatif Baik

Pantauan di lapangan, sejak pukul 09.00 WIB, ratusan penumpang yang didominasi para penumpang tujuan Jawa Tengah, seperti Pekalongan, Tegal, Pemalang dan Semarang, telah menunggu keberangkatan. Rata-rata mereka, yang telah mengantre sejak pagi itu, menunggu jadwal keberangkatan bus AC menuju kota-kota di Jawa Tengah.

Bus-bus menuju kota-kota di Jawa Tengah berangkat sekitar pukul 12.00 WIB. Sedangkan bus dengan tujuan kota-kota di Jawa Timur berangkat sekitar pukul 14.00 WIB.

Fadli Zon Usul Bus Dinas Boleh Angkut Pemudik

Ratusan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) berjejer menunggu giliran untuk berangkat. Puluhan personel dari dinas perhubungan (Dishub) DKI Jakarta terlihat sibuk mengatur lalu lintas bus yang masuk dan keluar terminal. Agen perjalanan pun terlihat sibuk menawarkan tiket kepada setiap orang yang hendak memasuki terminal.

Salah seorang penumpang, Sukirno, mengatakan keberangkatan bus pada musim lebaran ini lebih terjadwal dan tepat waktu dibanding hari biasanya. Dia yang dijadwalkan berangkat pukul 10.00 WIB, telah diizinkan untuk naik ke bus sejak pukul 09.30 WIB. "Saya mau ke Pekalongan. Itu busnya sudah datang, kalau lebaran busnya banyak dan cepat (tepat waktu)," katanya.

Macet Mudik Lebaran 2016, Mabes Polri Minta Maaf

Pengelola terminal menyediakan ruangan khusus untuk ibu menyusui atau ruang ASI, serta posko kesehatan gratis bagi pemudik.

Namun, ada yang kurang nyaman di terminal itu. Suasana di ruang tunggu terminal, misalnya. Ruangan tidak dilengkapi pendingin udara. Pedagang asongan juga hilir mudik   mewarkan barang dagangan di sana. Tak hanya itu. Ruangan tersebut pun terkesan kotor.

Aktivitas di Bandara Kualanamu di Medan, Sumatera Utara.

Libur Berakhir, Bandara Kualanamu Dipadati 30 Ribu Orang

Diprediksi kepadatan puncak libur terjadi malam ini

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2016