Heboh Lelaki Kardus, DPR: Astagfirullahaladzim

Bocah perempuan yang menjadi penyanyi lagu Lelaki Kardus. Lagu ini berdasarkan kisah nyata dan beredar pertama kali di Kabupaten Bangkalan, Madura
Sumber :
  • VIVA.co.id/Youtube

VIVA.co.id – Video musik berjudul "Lelaki Kardus" di YouTube membuat heboh dunia internet. Kehebohan itu dipicu karena lagu yang bercerita tentang lelaki kawin lagi ini dinyanyikan oleh anak perempuan di bawah umur.

Komnas PA Klaim Punya Bukti Meyakinkan soal Pelecehan Seksual di SPI

"Astagfirullahaladzim, cermin kedangkalan peradaban sebagian masyarakat kita, khususnya mereka yang terlibat dalam produksi lagu tersebut," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mujahid, Kamis 30 Juni 2016.

Menurut politikus Partai Gerindra ini, orang-orang yang membuat video itu tidak memikirkan dampak negatif bagi psikologi penyanyi anak di video itu ke depan. Secara sadar atau tidak, video itu katanya mengajarkan tiga hal kepada anak-anak.

Terungkap, Efek Pandemi Jadi Dalih Prostitusi Online Cynthiara Alona

Baca Juga:

"Satu, proses negatif dalam rumah tangga seperti perselingkuhan, pengkhianatan dan lain-lain. Dua, menanamkan sejak dini imej negatif dan kebencian kepada sosok dan figur ayah. Tiga, mengajarkan kata-kata kasar seperti lelaki bangsat dan lain-lain," kata Sodik.

Libatkan Anak dalam Promosi Rokok Disebut Bentuk Eksploitasi

Sodik mengatakan para orang dewasa yang terlibat dalam pembuatan video itu bisa terjerat Undang-Undang tentang Perlindungan Anak, karena dinilai telah mengeksploitasi anak. "Saya pikir bisa dijerat dengan UU eksploitasi dan perlindungan anak. Ya tentu. Semua pihak termasuk ortu anak, produser dan lain-lain," kata Sodik.

Konpres Polres Jakarta Selatan

Perempuan Pelaku Eksploitasi Anak di Bawah Umur Ditangkap Polisi

Berawal dari laporan keluarga yang kehilangan anaknya. Ternyata, korban ditawarkan di aplikasi, hingga diciduk polisi.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2021