Waspada Banjir dan Longsor di Jalur Mudik Lebaran

jalur mudik semarang terkena banjir rob
Sumber :
  • ANTARA/Aditya Pradana Putra

VIVA.co.id – Arus mudik lebaran tahun 2016 ini bertepatan dengan fenomena La Nina di Indonesia, sehingga curah hujan di sebagian besar wilayah di Tanah Air meningkat. Maka, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi arus mudik kali ini akan diwarnai bencana alam seperti banjir dan longsor.

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

"Tahun ini mudik akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena La Nina yang menyebabkan curah hujan tinggi. Ini dapat memicu banjir dan longsor," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, di Kantor BNPB, Jalan Pramuka Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis 30 Juni 2016.

Menurut Sutopo, curah hujan mulai dari menengah hingga tinggi akan terjadi pada tanggal 5 Juli 2016. Untuk Pulau Jawa sendiri, prediksi banjir akan merata di setiap wilayah kawasan Pantai Utara. Selain itu, peningkatan curah hujan ini juga perlu diwaspadai khususnya di daerah Sulawesi dan Maluku.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

"Jadi ini diprediksi akan terjadi mulai 5 Juli. Akan lebat di sekitar Mentawai, Sumatera bagian selatan Jawa, sekitar Maluku sampai Laut Banda, juga di Jawa Tengah bagian tengah selatan," lanjut dia.

Sementara untuk bencana longsor, Sutopo mengimbau agar para pemudik tidak hanya waspada saat dalam perjalanan saja. Sebab, daerah yang dikunjungi atau pun kampung halaman juga tidak lepas dari ancaman longsor.

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

"Ancaman bukan hanya untuk pemudik saja, namun juga yang sudah tiba di rumah keluarga. Di Jawa itu Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian tengah-selatan, Jawa Tengah bagian barat-tengah. Jawa Timur bagian selatan," ujar Sutopo.

Dia juga mengatakan, prediksi titik yang akan berpotensi longsor untuk daerah Jawa Barat adalah kawasan Bogor, Sukabumi, Cianjur, Garut, Singaparna, Nagrek. Kemudian daerah Jawa Tengah di antaranya Wonosobo dan Ambarawa. Jawa Timur di Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek.

Sutopo menambahkan, kawasan Bali juga tidak luput dari prediksi longsor, seperti di perbukitan daerah Bangli dan sekitar bagian utara. Untuk Sulawesi Barat dan Selatan juga berpotensi tinggi longsor.

"Longsor di Sumatera diprediksi di sepanjang Bukit Barisan dari Aceh hingga Lampung," jelasnya

Terkait ancaman itu semua, Sutopo menyatakan pihaknya bekerja sama dengan kementerian perhubungan untuk memberikan rasa aman pemudik selama perjalanan. Dia juga sudah menyiapkan tim reaksi cepat yang akan bekerja 24 jam setiap harinya dalam penanggulangan bencana yang diprediksi terjadi selama mudil Lebaran.

"Kami mendukung Kemenhub untuk kelancaran mudik lebaran dan telah memerintahkan BNPB dan BPBD meningkatkan kesiagaan. Kita bangun posko peristirahatan. Kami juga cetak 50 ribu peta jalur mudik Jawa Bali Sumatera terkait banjir dan longsor, dan dapat juga diakses di situs BNPB," ujar dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya