Pasuruan-Probolinggo Lumpuh akibat Banjir 1 Meter

Banjir yang melanda Keraton, Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis, 30 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Banjir besar melanda Kota Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, pada Kamis, 30 Juni 2016. Akibatnya, arus lalu lintas dari Surabaya menuju Probolinggo atau Banyuwangi lumpuh total. Para pemudik diminta mengarahkan kendaraannya ke jalur alternatif melalui Purwosari, Pandaan.

MUI Jawa Timur Keberatan Miftachul Akhyar Mundur dari Ketua Umum

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Achmad Robiul Fuad, menjelaskan bahwa banjir terjadi di empat desa di Kecamatan Keraton, Bangil, Pasuruan. "Banjir terjadi karena hujan turun dari tadi malam," kata Fuad dihubungi VIVA.co.id pada Kamis, 30 Juni 2016.

Hujan deras yang turun dengan durasi lama membuat dua sungai di Keraton, yakni Kali Welang dan Rejoso, tidak mampu menampung debit air, sehingga meluap ke kampung-kampung dan jalan utama. "Air sungai yang meluap itu asalnya dari Gunung Bromo," kata dia.

Harunya Pak Buari, Warga Terdampak Erupsi Semeru Dapat Hunian Baru

Air mulai menggenangi perkampungan dan jalan sejak subuh tadi, sekira pukul 04.00 WIB. Di perkampungan, ketinggian air mencapai 1-2 meter. Sementara itu, di jalan ketinggiannya mencapai setengah meter. "Dampaknya lalu lintas lumpuh total," ujar Fuad.

Karena lumpuh, arus lalu lintas dari Surabaya menuju Probolinggo atau Banyuwangi dialihkan ke arah Purwosari, lalu ke Pasuruan. "Untuk dampak di rumah-rumah warga yang terendam banjir masih didata," katanya.

Risma Ungguli Khofifah di Mata Emak-emak Jatim Versi Survei SSC
Banjir masih menggenangi rumah warga di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa, 15 Maret 2022.

Pesantren dan Ratusan Rumah Terdampak Banjir di Jember

BPBD mengatakan ratusan rumah, satu pesantren, tiga mushala, dan satu sekolah terdampak banjir yang terjadi di enam lokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022