Puncak Musim Mudik Diprediksi Sabtu dan Minggu

Para pemudik mulai ramai di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Selasa, 28 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id – Mudik Lebaran menjadi salah satu tradisi masyarakat di Indonesia pada saat akhir bulan puasa. Diprediksi jutaan warga DKI Jakarta akan pulang ke kampung halaman beberapa hari sebelum Lebaran.

Lima Aplikasi Wajib untuk Para Pemudik

Aparat Kepolisian memprediksi bahwa arus mudik tahun ini akan mulai ramai sejak Jumat, 1 Juli 2016. Pada hari tersebut diketahui menjadi hari terakhir bekerja menjelang libur Lebaran 2016.  

Kepala Subdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Ditlantas Polda Jawa Tengah, Ajun Komisaris Besar Polisi Indra, mengatakan pihaknya menyiapkan semua personel mulai Sabtu dini hari, 2 Juli 2016.

Mudik Lebaran Bersamaan Pilkada Serentak, Pemda Harus Sigap

"Itu dengan perkiraan bahwa pemudik dari Jakarta berangkat sehabis buka puasa dan diprediksi sampai Jawa Tengah Sabtu dini hari, kami sudah stand by (bersiap) pada Sabtu dini hari," kata Indra saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 29 Juni 2016.

Dia pun memprediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu 2 Juli 2016 malam dan Minggu 3 Juli 2016 malam.

Mudik Lebaran Dekat Libur Sekolah, Pemerintah Mulai Bersiap

"Puncaknya malam Minggu dan malam Senin ya," katanya.

Saat ditanya jumlah personel yang diturunkan untuk mengamankan jalur mudik tahun ini, setiap Polres menurutnya memiliki kekuatan masing-masing.  

"Setiap Polres punya kekuatan masing-masing, misal di Slawi satu peleton, Tegal Kota tiga peleton, belum bantuan dari Mabes Polri. Kalau dari Lantas Polda Jateng sebanyak 160 anggota akan disebar," lanjut dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya