Menkominfo: Telkomsel vs Indosat Itu Bukan Perang

Menominfo saat di acara XL
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menanggapi perihal perseteruan antara Telkomsel dengan . Menurutnya kedua operator besar itu berseteru bukan tanda perang operator, melainkan pertempuran.

Indosat Kukuh Terapkan Biaya Baru Interkoneksi Mulai Besok

"Sekarang yang sedang heboh itu seperti battle not war. Pertempuran bukan perang," ujar Rudiantara ditemui di Grha XL, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu 29 Juni 2016.

Ditanya lebih lanjut mengenai bagaimana sikap Kementerian Kominfo sebagai regulator untuk mendamaikan perselisihan antara l dan Indosat Ooredoo, ia tak banyak menanggapinya. Malah Rudiantara cenderung tak banyak bicara agar operator telekomunikasi tak saling menyudutkan lagi.

Komitmen Operator Telko Bangun Jaringan Dipertanyakan

"Tanya aja sama mereka," ucapnya yang juga mantan petinggi di berbagai operator telekomunikasi Indonesia sembari meninggalkan lokasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Telkomsel dan saling serang terkait penentuan tarif interkoneksi hingga dugaan monopoli yang dilakukan oleh Telkomsel di pasar luar Pulau Jawa. Mengenai tuduhan monopoli yang dilayangkan Indosat Ooredoo, Telkomsel membantahnya.

Indosat Apresiasi DPR, Berharap Interkoneksi Pro Rakyat

Sementara itu, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) yang telah bertemu dan meminta klarifikasi kepada kedua operator tersebut pekan lalu. Pada pekan ini, direncanakan akan ada penyelesaian tersebut berupa BRTI bersama Telkomsel dan Indosat Ooredoo akan duduk bersama untuk mencari jalan tengah.

Ilustrasi/Pulau paling utara, Pulau Miangas, Talaud, dilihat dari udara

Belum Dijamah Internet, Daerah Ujung Utara Indonesia Teriak

Hanya ada akses telekomunikasi dari satu operator.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2016