Jangan Biarkan Lampu Rumah Menyala Saat Mudik, Ini Alasannya

Ilustrasi Pemadaman listrik PLN
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA.co.id – Sebaiknya jangan meninggalkan rumah dalam keadaan lampu depan atau teras selalu menyala saat mudik. Lalu apa sebabnya?

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Kapolresta Depok, Ajun Komisaris Besar Harry Kurniawan mengatakan, momentum libur Lebaran sejak lama kerap dijadikan peluang bagi para pelaku pencurian. Para pencuri memanfaatkan rumah kosong yang tidak mendapatkan penjagaan oleh pemiliknya.

Para pencuri ini, menurut Harry, sudah memahami detail ciri rumah yang kosong ditinggalkan oleh pemiliknya. Salah satunya adalah lewat lampu yang selalu menyala sepanjang hari.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

“Salah satunya adalah jangan biarkan lampu menyala sepanjang hari. Kalau bisa titip ke tetangga atau orang terdekat atau petugas keamanan agar lampu dinyalakan seperlunya," kata Harry usai melakukan inspeksi mendadak ke pos pengamanan rumah kosong di wilayah Jatijajar dan Beji, Depok, Rabu, 29 Juni 2016.

Ciri lainnya yang terkadang juga bisa memancing pencuri, lanjut Harry, adalah kebiasaan menggembok pagar rumah dari depan. Sebab, dengan itu orang bisa menandakan bahwa rumah tersebut ditinggalkan pemiliknya.

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

"Jangan dikunci dari luar pagar, itu menandakan penghuninya sedang pergi,” katanya.

Saat ini, terkhusus di Kota Depok Jawa Barat. Kepolisian setempat telah menyiapkan pos pengamanan hingga ke kelurahan. Tim ini melibatkan unsur TNI, kecamatan dan organisasi kemasyarakatan.

"Setiap pos pengamanan akan diisi sekitar delapan personel. Jumlahnya berapa pos? Itu nanti kita sesuaikan tergantung perkembangan,” katanya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya