Ini Sebabnya Akses Facebook Bagi Pelanggan XL Lebih Cepat

Ilustrasi pengguna Facebook
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Files

VIVA.co.id – Dalam meningkatkan kualitas akses bagi pelanggan, telah mengimplementasikan proyek kerja sama dengan Facebook. Dalam hal ini, duplikasi server Facebook yang dari Singapura dipindahkan ke pusat data di dalam negeri.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Hal itu akan berujung pada efisiensi dari sisi bisnis yang cukup signifikan. Efisiensi bisa dilakukan pada era maraknya penggunaan media sosial dan meningkatnya permintaan konten-konten video.

" adalah media sosial paling popular dan salah satu yang paling intens diakses oleh pelanggan XL. Dengan mempertimbangkan tren ke depan soal konten video yang banyak di akses, termasuk melalui Facebook, XL pun meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan yang lebih baik dari sebelumnya," ucap Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya dalam siaran persnya, Rabu 29 Juni 2016.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Dikatakan Yossie, proyek bersama ini merupakan pertama di Indonesia, bahkan belum banyak dilakukan di seluruh dunia. Manfaat dari pemindahan duplikasi server Facebook yang ditempatkan Indonesia terasa dari kecepatannya.

Apabila untuk mengakses ke server Facebook rata-rata delay sekitar 200 mili detik maka saat ini delay-nya kurang dari 8 mili detik. Disebutkan, Data Center XL yang berada di Jakarta dan Surabaya dengan total kapasitas 60G yang diperuntukkan khusus hanya bagi duplikasi server Facebook itu.

XL Axiata Lagi Semringah

Selain itu, kualitas yang terasa ialah pengalaman pelanggan XL dalam mengakses video di media sosial kepunyaan Mark Zuckerberg. Dengan akses video menjadi jauh lebih baik, pelanggan dan masyarakat bisa memanfaatkan fitur Facebook secara maksimal. Misalnya untuk keperluan pendukung bisnis atau kegiatan yang memanfaatkan konten video.

Diketahui, Facebook menjadi salah satu konten digital atau aplikasi yang paling sering diakses oleh pelanggan XL. Trafik akses ke media sosial tersebut mencapai 30-40 persen dari total trafik data. Hal itu dikarenakan, semakin banyak pelanggan yang mengakses video, baik mengunduh atau mengunggah, melalui Facebook, yang tentunya membutuhkan dukungan kualitas akses yang memadai.
 
Peningkatan kualitas akses ke Facebook tersebut seiring juga dengan berbagai peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan XL. Proyek ini sekaligus searah dengan terus diperluasnya cakupan layanan 4G LTE ke berbagai daerah layanan.

Selain ke Facebook, XL juga akan melakukan kerja sama yang sama dengan Over The Top (OTT) global lainnya, mengingat ke depan, diperkirakan akses ke OTT akan terus meningkat seiring dengan semakin baiknya infrastruktur jaringan dan akses internet di Indonesia. Tahun lalu, XL juga telah melakukan kerja sama serupa dengan Google, yang ikut meningkatkan kualitas akses pelanggan XL ke OTT terbesar di dunia tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya