Menteri PU Pastikan Ruas Jalan Nasional Layak Tempuh

Pekerja melakukan penambalan jalan raya di ruas jalan utama jalur tengah Jawa Tengah Semarang-Secang-Purwokerto di wilayah Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (28/6/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVA.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan kondisi jalan nasional dalam kondisi siap guna pada Mudik Lebaran 2016. Berdasarkan hasil inspeksi dan tinjauan langsung seluruh pejabat eselon 1 dan 2 di Kementerian PUPR ke ruas-ruas jalan di Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan, menunjukkan bahwa total jalan dan jembatan sepanjang 183.177 Kilometer di seluruh daerah pada umumnya siap dilalui.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

"Dari hasil inspeksi dan tinjauan langsung itu pun menunjukkan total keseluruhan jalan dan jembatan mantap dan siap untuk dilalui para pemudik," kata Basuki Hadimuljono di Gedung Utama Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa, 28 Juni 2016.

Total jalan dan jembatan sepanjang 183.177 Kilometer tersebut terdiri dari 7.961 Kilometer jalan dan 42,70 Kilometer jalan tol di Sumatera, 7.164 Kilometer jalan dan 668 Kilometer jalan tol di Jawa dan Bali serta 2.482 Kilometer di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

“Inspeksi dilakukan sejak jauh hari agar ada waktu untuk memperbaiki," kata Menteri Basuki.

Kementerian PUPR sejak awal 2016 kata dia, telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti Korlantas Polri dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dalam rangka mempersiapkan jalur mudik tahun ini.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Di samping itu, Menteri Basuki beserta jajaran juga menyiagakan alat berat untuk mengantisipasi bencana alam berupa posko di berbagai daerah rawan longsor seperti ruas Kabanjahe-Lawe Pakam dan ruas Tarutung-Sibolga di Sumatera Utara.

Sementara antisipasi ruas-ruas jalan yang sering banjir seperti Jalan Raya Kaligawe Semarang yang kerap dilanda rob yakni dengan membuat tanggul sementara untuk penanggulangannya. Saat ini telah disiagakan 12 pompa untuk menyedot air rob.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024