Eks PSK Dadap Senang Dipulangkan dan Diberi Uang

Acara pemulangan eks penghuni lokalisasi Dadap, Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anisa Maulida

VIVA.co.id – Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa memberikan dana sosial sebesar Rp479 juta kepada 95 eks pekerja seks komersial (PSK) lokalisasi Kampung Baru Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Para PSK tersebut akan dibiayai untuk kembali pulang ke daerah masing-masing dan diberikan tunjangan.

Warga Dadap Desak Bupati Tanggerang Patuhi Ombudsman

Pemulangan PSK eks lokalisasi Dadap dilakukan Kementerian Sosial (Kemensos) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang di Gedung Serba Guna, Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang.

"Upaya pemerintah untuk mengubah Indonesia yang bebas protitusi dan eksploitasi wanita ini terus dilakukan. Salah satunya dengan pemulangan dan pemberian dana kepada eks PSK lokalisasi Dadap untuk menata hidup mereka menjadi lebih baik lagi dan uang tersebut bisa digunakan untuk modal ekonomi," kata Mensos Khofifah Indar Parawansa di Tangerang, Banten, Selasa 28 Juni 2016.

Ombudsman Minta Bupati Benahi Kampung Kumuh Dadap

Sementara itu, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengatakan pemberdayaan oleh Kemensos bertujuan mendidik para mantan PSK agar bisa beralih pekerjaan dan akhirnya bisa mandiri secara ekonomi.   

"Penuntasan prostitusi ini merupakan tanggung jawab kita semua, dengan hal ini diharapkan eks PSK Dadap bisa menjalani hidupnya dengan baik lagi," kata Ahmed.

Kisruh Penggusuran Dadap, Ombudsman Serahkan 9 Rekomendasi

Hal tersebut juga merupakan rangkaian program penataan lokalisasi Dadap yang akan dialihkan menjadi lokasi Islamic center dan pusat kuliner.  

Merry, salah seorang mantan PSK mengaku senang dengan perhatian pemerintah tersebut.

"Jarang-jarang kami mendapat perhatian seperti ini. Saya akan pulang dan enggak akan balik lagi. Mau buka usaha," kata Merry, perempuan asal Sukabumi, Jawa Barat itu.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya