30 Bos Bank Sentral Dunia Siap Jaga Stabilitas Usai Brexit

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside/Files

VIVA.co.id – Keputusan keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa, atau yang disebut dengan Britain Exit (Brexit) pada Jumat 24 Juni 2016, membuat 30 Gubernur Bank Sentral di dunia menyatakan siap menjaga kelancaran dan stabilitas pasar keuangan.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Hal ini disampaikan dalam pertemuan tahunan Bank for International Settlement yang digelar di Basel, Switzerland. Dalam perhelatan ini, Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, fokus pembahasan dalam pertemuan ini adalah mengenai dampak dari hasil referendum terhadap perekonomian dunia.

"Selain itu, disampaikan pula dukungan terhadap langkah-langkah yang disiapkan oleh BoE (Bank of England)," tutur Agus dalam keterangan resminya yang diterima oleh VIVA.co.id, Senin 27 Juni 2016.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Agus menyatakan, para gubernur bank sentral juga menegaskan komitmennya untuk memonitor perkembangan kelancaran dan stabilitas pasar keuangan, serta mempererat kerja sama antarbank sentral untuk memastikan kelancaran dan stabilitas pasar keuangan tetap terjaga.

Di samping itu, mantan menteri keuangan itu mengatakan bahwa otoritas moneter nasional terus mencermati potensi risiko yang mungkin muncul terhadap perekonomian Indonesia, dan telah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif yang diperlukan. 

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

"Bank Indonesia juga terus mempererat kerja sama dengan pemerintah, OJK (Otoritas Jasa Keuangan), LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), dan dengan otoritas bank sentral negara lain untuk menjaga stabilitas sistem keuangan nasional," ungkap Agus. (asp)

Anthony Sinisuka Ginting melawan Viktor Axelsen di Thomas Cup

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Thomas Cup dan Uber Cup merupakan salah satu kompetisi bulutangkis bergengsi di dunia dengan menggunakan sistem beregu putra dan putri.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024