Longsor Sangihe, Dua Ribu Orang Mengungsi

Gubernur Sulawesi Utara Olly Domdokambey meninjau lokasi bencana longsor di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sabtu (25/6/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hari Agustinus

VIVA.co.id – Sebanyak dua ribu orang menjadi pengungsi di bencana longsor Kabupaten Kepulauan Sulawesi Utara. Kejadian ini juga membuat banyak kerugian, tercatat mencapai Rp75 miliar. Akibat rusaknya sejumlah infrastruktur dan fasilitas publik di Kepulauan .

BNPB Turun Langsung Tangani 9 Wilayah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana

Gubernur Sulawesi Utara Olly Domdokambey mengatakan, saat ini pihaknya terus mendata seluruh kerusakan akibat bencana yang terjadi pada Selasa 21 Juni 2016 itu.

"Pemerintah pusat akan membantu membangun kembali rumah penduduk yang rusak. Sambil menunggu dibangunnya rumah penduduk, pemerintah telah menyiapkan bantuan sewa rumah," kata Olly di Manado, Minggu 26 Juni 2016.

Detik-detik Aning Tega Mutilasi Ponakan Demi Curi Perhiasan Emas Korban

Sejauh ini, pemerintah setempat telah menyerahkan bantuan tanggap darurat untuk para korban bencana . Setidaknya Rp500 juta sudah digelontorkan untuk memenuhi kebutuhan dua ribu pengungsi.

"Bantuan sosial dan tanggap darurat berjumlah Rp500 juta untuk kebutuhan sehari-hari dua ribu pengungsi. Dana itu bukan untuk sewa alat atau rehab bangunan,” ujar Olly.

Dilanda Banjir dan Longsor, Solok Selatan Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

Sementara itu, Kadis Pekerjaan Umum Sulawesi Utara Eddy Kenap menambahkan telah menurunkan sejumlah alat berat untuk membuka kembali akses jalan yang terisolir akibat bencana .

“Itu yang diutamakan saat ini, sebagai langkah tanggap darurat sehingga mobilisasi berbagai kebutuhan warga bisa tiba dengan cepat," katanya.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea meresmikan markas Brigade KSPSI Jawa Barat di Kantor DPD KSPSI Jawa Barat.

Andi Gani Dorong Markas Brigade KSPSI Jadi Garda Terdepan Perjuangkan Hak Buruh

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea meresmikan markas Brigade KSPSI Jawa Barat di Kantor DPD KSPSI Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024