Ketakutan Terbesar Rossi di MotoGP Belanda

Pembalap Yamaha, Valentino Rossi.
Sumber :
  • REUTERS/Olivia Harris

VIVA.co.id – Pembalap Movistar-Yamaha, Valentino Rossi, khawatir balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu 26 Juni 2016, akan diwarnai sejumlah kecelakaan. Menurut Rossi, karakter rumit Sirkuit Assen berpotensi membuat sejumlah pembalap terjatuh saat balapan.

Makna Penting Tes Pramusim di Sirkuit Mandalika untuk Yamaha

Di sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi, beberapa pembalap mengalami kecelakaan setelah melewati wilayah tertentu di Sirkuit Assen. Salah satu pembalap yang mengalami kecelakaan adalah Marc Marquez.

Pada sesi latihan bebas ketiga, Marquez hampir saja terjatuh setelah kehilangan kendali atas ban motor bagian belakangnya. Kecelakaan tak bisa dihindari Marquez saat melakoni sesi kualifikasi.

Fabio Quartararo Minta Naik Gaji

Joki asal Spanyol tersebut sempat terjatuh. Beruntung, Marquez selamat dan bisa melanjutkan sesi kualifikasi.

Rossi menganggap apa yang dialami Marquez tak terlepas dari karakter rumit Sirkuit Assen. The Doctor menilai ada beberapa titik di Sirkuit Assen yang kondisi aspalnya basah.

Fabio Quartararo Juara MotoGP 2021, Sejarah Tercipta

"Tapi, ada juga yang kering. Saya berharap balapan nanti berlangsung di atas aspal yang kering. Dengan demikian, saya bisa jadi lebih kompetitif," kata Rossi seperti dilansir Crash.

"Kondisi seperti ini (aspal kering dan basah) sangat menipu. Semua bisa berubah dengan cepat. Dalam lima menit, karakter trek bisa berubah. Aspal bisa terbakar cepat di Assen. Saya merasakannya di sesi latihan bebas dan kualifikasi," lanjutnya.

Demi mengatasi karakter rumit di Sirkuit Assen, pemilihan ban menjadi hal yang krusial. Rossi menyarankan agar para pembalap lebih berhati-hati saat memilih ban yang digunakan di balapan nanti.

"Sulit memilih ban mana yang cocok. Kami harus membayangkan kondisi kering dan basah. Sulit sekali," tuturnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya