Pemudik Motor Naik 50%, Pemerintah Kian Waspada

Pemudik sepeda motor.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi adanya peningkatan yang signifikan bagi pengguna sepeda motor pribadi dalam mudik pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2016 ini. Bahkan diprediksi pengguna sepeda motor untuk tahun ini sekitar lima juta orang.

Anggaran Terbatas, Kemenhub Lepas Pengelolaan Bandara

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hemi Pamuraharjo, menuturkan bahwa pada tahun ini diprediksi peningkatan penggunaan transportasi publik untuk setiap moda, kecuali moda tranportasi darat.

"Untuk moda transportasi lebaran ini, diprediksi udara naik tujuh persen, laut tiga persen, kereta api empat persen, jalur darat turun sekitar tujuh persen," kata Hemi saat ditemui di kantornya, Sabtu 25 Juni 2016.

Menhub Minta Taksi Konvensional Pindah ke Online

Menurunnya penggunaan moda transportasi darat itu lantaran pemudik lebih menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Jika mobil pribadi diprediksi naik sekitar 20 persen-30 presen, maka sepeda motor diprediksi akan mencapai 50 persen kenaikannya dari tahun lalu.

"Penggunaan sepeda motor, ini yang gawat, 50 persen naiknya. Dari tahun lalu cuma sekitar dua juta sekian naik menjadi lima juta sekian, tahun ini," kata Hemi.

Kemenhub Tawarkan Tiga Rute Pelayaran Logistik ke Swasta

(ren)

Tol Cipali

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Antisipasi dilakukan sejak dini. Berkoordinasi dengan Polri.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2017