Susno Duadji: Tito Akan Membuat Polri Disayangi Masyarakat

Komjen Pol Tito Karnavian.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian secara resmi diusulkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri. Tito disiapkan menggantikan Jenderal Polisi Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun Juli 2016.

Eks Kabareskrim Susno Duadji Gabung Timnas AMIN Masuk di Tim Hukum

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komisaris Jenderal (Purn) Susno Duadji menilai, Tito Karnavian adalah perwira reserse yang ulung dan sukses mengungkap kasus besar antara lain menangkap Hutomo Mandala Putra atau Tommy Suharto terkait kasus pembunuhan hakim agung Syaifuddin.

Tito juga berhasil meringkus pelaku terorisme di Indonesia yaitu Azahari Husin dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur. Maka, karier dan kepangkatan Tito Karnavian begitu cukup gemilang.

Mantan Kabareskrim Beber Alasan Rocky Gerung Tak Bisa Dipidana: Mau Pakai UU Apa?

"Menurut saya Tito adalah seorang perwira polisi yang cerdas, pintar, loyal, teliti, ramah, santun dan tegas," kata Susno Duadji kepada VIVA.co.id di Jakarta, Sabtu, 18 Juni 2016.

Memang, Tito Karnavian merupakan alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1987 yang mendapatkan bintang Adhi Makayasa, lulusan terbaik di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian mendaptkan bintang Wiyata Cendikia, dan meraih gelar doktoral terbaik di Nanyang Technologi University, Singapura.

Eks Kabareskrim Heran Nama Panji Gumilang Selalu Disebut Jelang Tahun Politik

"Saya yakin di bawah kepemimpinan Jenderal Tito, Polri akan menjadi aparat penegak hukum, pelayan masyarakat, keamanan, dan ketertiban masyarakat yang berwibawa, disayangi masyarakat, karena Tito pasti akan memberantas KKN di tubuh Polri," katanya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ade Komarudin menyampaikan bahwa Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri. "Sebelum saya ke sini (Gambir), beliau (Presiden) menyampaikan surat kepada dewan. Surat tersebut berisi Presiden meminta pencalonan Komjen Tito Karnavian, menjadi satu-satunya calon Kapolri," kata Ade Komarudin.

Mantan Kabareskrim, Komjen (Purn) Susno Duadji panen biji kopi di kebun

Eks Kabareskrim Susno Duadji Jadi Petani, Berbagi Momen saat Panen Biji Kopi di Kebun

Mantan Kabareskrim, Komjen (Purn) Susno Duadji membagikan momen saat memanen biji kopi dari pohon yang ditanamnya sendiri usai pensiun dari Polri.

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2023