'Adik' Avanza-Xenia Siap Meluncur, Ini Respons Suzuki

Daihatsu UFC-3 concept.
Sumber :
  • www.indianautosblog.com

VIVA.co.id – Toyota siap menyambut produk baru di segmen mobil murah ramah lingkungan, atau Low Cost Green Car (LCGC) dengan konfigurasi tujuh penumpang. Mobil tersebut diketahui bernama Toyota Calya.

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Mobil yang juga hasil kerja sama dengan Daihatsu ini akan menjadi produk kembar layaknya Avanza-Xenia, Rush-Terios dan Agya-Ayla. Mobil itu akan diposisikan di bawah Avanza-Xenia dan berada di atas Agya-Ayla.

Jika Toyota memberi nama mobilnya Calya, Daihatsu memilih nama Sigra. Kabarnya, LCGC hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu ini akan mulai diluncurkan pada awal Agustus 2016 mendatang.

Daftar Mobil Terlaris Daihatsu, Terios Bagaimana?

Lantas, bagaimana reaksi Suzuki, apakah tidak takut kecolongan? Diketahui, Suzuki juga memiliki "gacoan” serupa, yakni LCGC tujuh penumpang yang sempat dipajang di sejumlah kesempatan. Pertama kali, dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 lalu.

Menurut 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy J Tuilan, dia mengaku tak ambil pusing. Kata Davy, meski Suzuki belum meluncurkan “gacoannya”, namun dia memprediksi LCGC tujuh penumpang memang akan menjadi pilihan baru bagi konsumen di Indonesia.

Penjualan Mobil LCGC Terfavorit Ini Merosot

Baca juga:

"Karena ini pasar Indonesia, bottom margin di harga Rp150 juta. Di 2010, diprediksi pasar Indonesia di level 1,4 juta unit, tetapi ternyata turun dari 1,2 unit turun lagi ke satu juta unit (penjualan terus turun)," kata Davy, saat ditemui wartawan di kawasan SCBD, Sudirman, Selasa 31 Mei 2016.

Lebih lanjut, Davy menuturkan, dengan kondisi tersebut, terlihat jika kondisi pasar tak bagus dan butuh stimulus baru untuk memantik daya beli masyarakat yang sebenarnya masih besar. Tak heran, kini kemudian masyarakat mulai memilih mobil dengan harga yang cukup terjangkau, di antaranya LCGC.

Baca juga:

Terlebih, edisi tujuh penumpang yang saat ini terus dilirik para pemain otomotif Tanah Air diprediksi akan terus laris, karena masyarakat Indonesia yang suka guyub, saat berkendara bersama sanak-saudara dengan kehadiran kabin yang luas.

"Mereka memang mau beli mobil, cuma ekspetasinya seven seater, ya sudah, bikin batter margin turun dengan LCGC yang seven seater. Jadi, menurut saya, merek apapun, akan tergiur dengan seven seater LCGC," kata Davy.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya