Sejumlah Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan Saat Lebaran

Batik Air
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan menyatakan, sejumlah maskapai penerbangan telah mengajukan permohonan penambahan jadwal penerbangan menjelang mudik Lebaran tahun ini. Ini untuk memenuhi lonjakan permintaan penumpang transportasi udara.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Hemi Pamurahardjo mengungkapkan, maskapai yang meminta penambahan jadwal penerbangan adalah PT Air Asia Indonesia, PT Air Asia Indonesia Extra, PT Garuda Indonesia Tbk, dan PT Batik Air.

"Jelang Lebaran tahun ini, diprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang moda transportasi udara sekitar tujuh persen. Penambahan jadwal penerbangan, biasanya dua minggu sebelum Lebaran," kata Hemi kepada VIVA.co.id di Jakarta, Selasa 31 Mei 2016.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

Hemi menyatakan, total ada penambahan 52 jadwal penerbangan selama periode 24 Juni sampai 18 Juli 2016. Air Asia Indonesia mengajukan permohonan dua tambahan penerbangan untuk rute Cengkareng (Jakarta)-Denpasar (Bali), dan sebaliknya untuk tanggal 4-6 Juli 2016 dan 10-17 Juli 2016.

Air Asia Indonesia mengajukan empat penerbangan tambahan untuk rute Cengkareng-Denpasar dan sebaliknya pada 5-6 Juli 2016 dan 9-10 Juli 2016. Kemudian, Surabaya-Denpasar dan sebaliknya pada 4-6 Juli 2016 dan 10-17 Juli 2016.

Fadli Zon Usul Bus Dinas Boleh Angkut Pemudik

Sementara  itu, Garuda Indonesia mengajukan 14 penerbangan tambahan, yakni empat penerbangan tambahan untuk rute Cengkarang-Padang dan sebaliknya, empat penerbangan rute Cengkarang-Yogyakarta dan sebaliknya, empat penerbangan rute Cengkarang-Semarang dan sebaliknya, dan dua penerbangan rute Bandung-Denpansar dan sebaliknya. Jadwal penerbangan pada 30 Juni sampai dengan 10 Juli 2016.   

Sedangkan Batik Air, mengajukan permohonan 32 tambahan penerbangan untuk rute penerbangan dari Cengkarang, dan Halim Perdanakusuma ke Surabaya, Solo, Semarang, Malang, Pekanbaru, dan Balikpapan. Jadwal penerbangan pada tanggal 24 Juni sampai 18 Juli 2016.

Penambahan rute

Hemi juga menyebutkan, empat maskapai itu mengajukan penambahan rute penerbangan dalam negeri untuk Lebaran 2016. PT Air Asia Indonesia mengajukan penambahan satu rute penerbangan, dan Air Asia Indonesia Extra mengajukan penambahan dua rute penerbangan.

Sementara itu, Garuda Indonesia mengajukan empat rute penerbangan dan Batik Air mengajukan penambahan 14 rute penerbangan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya