Asus Pamer Pesaing MacBook

Asus Zenbook 3
Sumber :
  • ww.cnet.com/Aloysius Low

VIVA.co.id – Vendor perangkat asal Taiwan, Asus menyita perhatian dalam panggung Computex 2016. Asus memamerkan laptop anyar, Zenbook 3 yang disebut sebagai pesaing laptop Apple, MacBook.

Spesifikasi dan Harga MacBook Air 15,3 Inci

Dalam peluncuran produk laptop anyar itu, Chairman Asus, Jonney Shih bahkan mempresentasikan dari hampir semua sisi, Zenbook 3 hadir dengan fitur dan spesifikasi lebih baik dari MacBook.

Shih bahkan dengan yakin menyebut Zenbook 3 sebagai laptop paling prestisius di dunia saat ini.

Hanya Penjualan PC Apple yang melejit Selama Pandemi Covid-19

Dikutip dari The Verge, Selasa, 31 Mei 2016, Zenbook 3 dikatakan lebih tipis, ringan dan lebih gahar dibanding MacBook.

Dari sisi ketipisan, Zenbook 3 hadir dengan tipis hanya 11,9 milimeter, lebih tipis 3,5 milimeter dari MacBook (13,1 mm) dan MacBook Air (17 mm).

Apple Buka Pre-Order Macbook Air M2, Ini Spesifikasi dan Harganya

Kemudian dengan balutan alumunium tingkat industri penerbangan yang menjadikan laptop anyar itu 50 persen lebih kuat dibandingkan dari standar alumunium yang digunakan pada laptop pada umumnya. Zenbook 3 hadir dengan bobot 910 gram, lebih ringan dari produk paling ringan MacBook.

Shih mengatakan Zenbook 3 merupakan perpaduan antara MacBook dan MacBook Air menjadikan laptop andalan Asus itu menjadi lebih ringan dan tipis dibanding versi laptop sebelumnya.

Bicara soal kekuatan layar, Zenbook 3 dibekali dengan Gorilla Glass untuk melindungi layar 12,5 inchinya. Selain itu, juga punya rasio screen to body tertinggi di produk laptopnya, yaitu 82 persen.  

Kemudian dari sisi kekuatan, Zenbook 3 diklaim hadir dengan kekuatan yang lebih dibandingkan pesaingnya. Untuk model dasar, Zenbook 3 hadir dibenamkan prosesor Intel Core i5, RAM 4GB dan penyimpanan 256 GB. Dengan spesifikasi itu, Zenbook 3 sudah setara dengan XPS 13 besutan Dell.

Sedangkan untuk model yang lebih tinggi, Zenbook 3 hadir dengan prosesor Intel Core i7, RAM 16 GB dan penyimpanan 1 TB SSD.

Zenbook 3 juga mirip dengan MacBook, yang hanya terdapat satu port USB Type-C saja. Sedangkan untuk mendukung sensasi audio, Asus menyematkan audio dari Harman kardon.

Zenbook tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Royal Blue, Quartz Grey dan Rose Gold.

Asus akan menghadirkan ke pengguna Zenbook 3 pada kuartal ketiga. Untuk harga, model Zenbook 3 prosesor i7 dan 1TB akan dibanderol US$1999 setara Rp27,2 juta sedangkan versi lainnya, dengan dengan i7 dengan 512 GB dibanderol dengan harga US$1499 setara Rp20,4 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya