Polisi: Pengikut Gafatar di Indonesia Capai 50 Ribu Orang

Warga eks pengikut Gafatar saat diungsikan dari Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.
Sumber :
  • Antara/Jessica Helena Wuysang

VIVA.co.id – Kepolisian Republik Indonesia menyebut jika anggota Gerakan Fajar Nusantara () sudah mencapai puluhan ribu orang di seluruh Indonesia.

INFOGRAFIK: Telatah Gafatar

"Sebanyak 40-50 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Kasubdit I Dit Tipidum Bareksrim Polri AKBP Satria Hady Permana, Senin, 30 Mei 2016.

Menurut Satria, puluhan ribu anggota itu mengorganisasi sendiri masalah pembiayaan organisasi mereka. Uangnya didapat dari sumbangan anggota dan dikumpulkan ke bendahara tingkat nasional, mulai dari tingkat rukun warga (RW) maupun rukun tetangga (RT) yang sudah ditunjuk.

Suami Istri Perekrut Anggota Gafatar Divonis Bersalah

"Untuk keuangan mereka () punya hitungan sendiri berdasarkan aturan yang sudah mereka tetapkan," ujar Satria.

Tentunya, polisi akan melakukan pemeriksaan kepada para bendahara anggota tersebut. Namun, tak dijelaskan lebih rinci. Pasalnya, penyidik masih fokus memeriksa tersangka. "Kami belum menyita dalam bentuk uang," kata Satria.

Bareskrim Limpahkan Berkas Tiga Petinggi Gafatar Pekan Ini

Mabes Polri baru-baru ini menahan tiga petinggi yakni Ahmad Mussadeq (pendiri), Mahful Muis Tumanurung (Ketua), dan Andri Cahya (wakil ketua). Ketiganya dianggap telah melakukan penistaan agama.

"Penahanan berkaitan dengan persangkaan pidananya, yakni penodaan agama," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kamis, 26 Mei 2016. (ase)

Petinggi Gerakan Fajar Nusantara yang sedang ditahan karena disangka melakukan penistaan agama dan perbuatan makar.

Makar dan Nista Gafatar

Para petinggi Gafatar akan segera disidang

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2016