Inilah 10 Negara Kaya, Aman, Sehat dan Bikin Bahagia

Belanda
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id – Setiap tahun, Legatum Institute, sebuah organisasi yang berbasis di London, Inggris mengeluarkan laporan tahunan tentang Survei Prosperity Index, sebuah survei yang menempati peringkat negara paling makmur di dunia.

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Dilansir dari BusinessInsider, Senin 30 Mei 2016, jumlah uang suatu negara menjadi salah satu faktor kemakmuran, tetapi Legatum Institute menganggap lebih dari itu dalam membuat peringkatnya.

Organisasi membandingkan 89 variabel. Variabel-variabel ini mencakup indikator tradisional seperti produk domestik bruto per kapita dan jumlah orang dalam pekerjaan penuh waktu, tetapi juga sesuatu yang lebih menarik seperti jumlah server internet yang aman di suatu negara, dan seberapa banyak orang beristirahat setiap harinya. 

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Variabel itu kemudian dibagi menjadi delapan sub-indeks meliputi: ekonomi, kewirausahaan dan kesempatan, tata kelola, pendidikan, kesehatan, keselamatan dan keamanan, kebebasan pribadi, dan modal sosial. Berikut adalah negara-negara performa teratas berdasarkan hasil survei Legatum Institute:

10. Irlandia 

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Irlandia melonjak dua tempat dalam indeks tahun ini, penilaian ini berkat keselamatan dan keamanan negara tersebut yang dinilai sangat baik. 

9. Finlandia 

Finlandia, mendapat peringkat terbaik untuk kinerja pemerintahannya di dunia. 

8. Belanda 

Mendapatkan satu tempat dalam indeks tahun ini, Belanda berada di peringkat tinggi dalam pendidikan, kesehatan, dan kebebasan pribadi.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/30/574b996f14249-australia_663_382.jpg

7. Australia 

Negara ini menempati peringkat ketujuh selama tiga tahun berturut-turut, dan tahun ini berdasarkan indeks kesejahteraan negara ini dinilai memiliki sistem pendidikan yang terbaik di dunia.

6. Kanada 

Menurut Indeks Kemakmuran, Kanada adalah negara yang menjanjikan kebebasan. Setiap warga negara menikmati kebebasannya. 

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/30/574ba296e0e23-swedia_663_382.jpg

5. Swedia 

Swedia menempati posisi ke lima berkat kewirausahaan dan kesempatan kerja. Hal itu membantu negara memperoleh satu tempat dalam indeks tahun ini.

4. Selandia Baru 

Jiwa sosial yang kuat dan keterlibatan masyarakat membuat Selandia baru mendapat peringkat terbaik di dunia dan dinilai sebagai bangsa non-Eropa yang paling makmur.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/30/574b9a5b14276-denmark_663_382.jpg

3. Denmark

Warga Denmark dapat menikmati pendidikan tingkat atas, dan  mosal sosial yang tinggi.  Kalau bukan karena skor kesehatan yang relatif miskin (16), negara itu mungkin menempati peringkat atas seluruh Indeks tahun ini. 

2. Swiss 

Swiss mendapat peringkat yang baik dari indeks Indeks Kemakmuran selama tiga tahun berturut-turut. 

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/30/574b9b34ea2a3-norwegia_663_382.jpg

1. Norwegia 

Negara Skandinavia ini menempati posisi puncak Indeks Kesejahteraan, setelah tahun lalu 2015 menempati posisi yang sama. Norwegia merupakan satu-satunya negara yang mendapat  nilai di atas 10 di setiap subindex.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya