Indonesia Juara Umum Asian Schools Swimming Championship

olahraga renang
Sumber :
  • istimewa

VIVA.co.id – Indonesia menjadi juara umum Asian Schools Swimming Championship 2016 di Jakabaring Aquatic Center, Palembang setelah pada hari terakhir, Minggu, 29  Mei 2016 berhasil mengumpulkan 16 Emas, 10 Perak dan 9 Perunggu. Sementara Hongkong di peringkat kedua dengan perolehan 10 Emas, 9 Perak dan 11 Perunggu.

Cetak Perenang Berprestasi Internasional Jadi Target Rajawali Swimming Club

Tambahan medali emas Indonesia pada hari terakhir diperoleh dari nomor 50 meter gaya punggung putri oleh Sofie Kemala yang berhasil mencatatkan waktu terbaiknya 29.88 detik. Perenang muda andalan Indonesia Ilham Ahmad Tarmuzi membuktikan ketangguhan di nomor 100 meter gaya dada putra dengan berhasil mempersembahkan emas kedua untuk Indonesia.

Ilham yang mengalami keterbatasan Tuna Rungu tidak menyurutkan semangatnya dalam bertanding. Ilham berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 03.86 detik.

Raih 3 Emas & Rekornas, Elysha Chloe Jadi Bintang Baru Renang Nasional

Meski dengan emas kedua Indonesia sudah memastikan juara umum, namun perenang andalan Indonesia seperti Putri Sagita tetap bersemangat mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia. Hasilnya Putri sukses menambah koleksi emas Indonesia di nomor 100 meter gaya bebas putri.

Emas keempat Indonesia di hari terakhir masih menjadi milik nomor 400 meter estafet perseorangan ganti putra yang menurunkan empat perenang andalan yakni, Dwiki Anugrah, Ilham Ahamad Tarmudzi, Abdu Fitra Indarto dan Muhammad Alamsyah. Mereka mencatat waktu tercepat 3 menit 53.78 detik, mengalahkan Hongkong dan ketiga Singapura.

Jadi Cabor Unggulan RI, Renang Bidik 30 Emas ASEAN Para Games 2020

Pelatih Indonesia Albert Sutanto mengatakan hasil ini cukup mengejutkan. Menurutnya ada dua rekor nasional yang bisa dipecahkan dan catatan-catatan waktu luar biasa. "Ini hasil luar biasa bagi kita, semangat anak-anak didukung dengan strategi bagus ketika bertanding bisa menghasilkan yang maksimal. Anak-anak memang banyak memberi kejutan dengan catatan-catatan waktunya, saya kira hasil ini adalah tren positif yang harus dijaga. Selanjutnya mereka akan kami proyeksikan untuk ASEAN Schools Games, Juni-Agustus nanti," kata Albert dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Klasemen Akhir Perolehan Medali Asian Schools Swimming Champhionship 2016

1. Indonesia                             16  Emas                     10 Perak                      9   Perunggu

2. Hongkong                            10 Emas                      9 Perak                      11 Perunggu

3. Thailand                               7  Emas                      11 Perak                      13 Perunggu

4. Singapura                             3  Emas                      5 Perak                       2 Perunggu

5. Malaysia                              1  Emas                      1 Perak                       4 Perunggu

6. India                                    1 Emas                        0 Perak                       0 Perunggu

7. Sri Lanka                             0  Emas                       0 Perak                       0 Perunggu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya