Ahok Usulkan Selama Puasa PNS DKI Masuk Kerja Lebih Pagi

PNS DKI tidur di masjid saat puasa Ramadan 2016.
Sumber :
  • Rebecca

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, sedang mengusulkan perubahan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS), di bulan Ramadan atau bulan puasa.

Ini Jam Kerja PNS Selama Ramadan 2017

Ahok, akan memajukan jam masuk kerja PNS DKI, dari hari biasanya. Dalam usulannya ke Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah, Ahok mengatakan, PNS DKI mulai masuk kerja pukul 07.00 WIB. Lalu, jam selesai kerja juga dimajukan, yakni hanya hingga pukul 14.00 WIB.

"Ngapain kamu nanggung-nanggung jam tiga atau jam setengah empat pulangnya? Pulang paling jam 14.00 WIB kalau masuk jam 07.00 WIB," kata Ahok di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu, 28 Mei 2016.

Jam Kerja PNS DKI Belum Tentu Dikurangi Lagi Tahun Depan

Menurut Ahok, dia memilih memajukan jam kerja, ketimbang memundurkannya menjadi pukul 08.00 WIB, seperti pada bulan Ramadan tahun-tahun sebelumnya.

Karena, menurut Ahok, jam kerja lebih pagi akan menguntungkan PNS yang beragama Islam. "Kalau pengalaman saya dan teman-teman, yang muslim justru lebih siap kalau ke kantor itu lebih pagi. Karena sesudah sahur begitu, mandi terus tanggung," kata Basuki.

Anak Buah Ahok yang Tak Pulang On Time di Ramadan Pertama

Ide Ahok itu masih menunggu persetujuan, dan bisa saja tidak terlaksana. Jika, Sekda DKI tak menyetujuinya. "Itu yang saya lagi saya usulkan," kata dia.

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Jam Kerja Aparat Sipil Negara Dikurangi 1 Jam Selama Ramadan

Kondisi yang sama juga berlaku untuk TNI dan Polri.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2018