Cara Hemat Saat Menanti Kelahiran Buah Hati

Ilustrasi keluarga.
Sumber :
  • http://www.vestyles.com

VIVA.co.id – Dalam sebuah keluarga, salah satu momen yang paling ditunggu sekaligus membahagiakan adalah kelahiran buah hati. Meskipun misalnya kamu sudah memiliki anak sebelumnya, kelahiran anak kedua dan seterusnya tetap saja akan selalu menjadi momen luar biasa dalam sejarah keluarga.

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Sebagai (calon) orang tua, sudah sewajarnya jika kita ingin memberikan yang terbaik bagi calon buah hati. Namun, apakah bijak jika kita menghabiskan uang dan tabungan demi menyambut kelahiran si kecil ke dunia? Nah, coba simak lima strategi mudah untuk menghemat biaya menjelang kelahiran buah hati berikut:

1. Tanyakan fasilitas tunjangan melahirkan dari kantor

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Sebagian dari kamu mungkin beruntung karena mendapatkan fasilitas dari kantor berupa asuransi melahirkan atau tunjangan persalinan. Pelajari dan cari tahu apakah perusahaan kamu memiliki kebijakan semacam itu dan jangan gengsi untuk bertanya karena takut dicap ‘keluarga yang kekurangan’. Tentu lumayan bukan kalau biaya persalinan bisa ditanggung oleh kantor?

2. Jangan termakan gengsi

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

Salah satu pendorong kebanyakan orang tua untuk belanja adalah gengsi apabila keperluan bayi yang dibeli kurang ‘wah’ atau tidak melahirkan di rumah sakit yang mewah. Meskipun Anda menginginkan yang terbaik, jangan sampai rasa gengsi yang menang hanya karena tidak ingin disebut sebagai ‘keluarga yang kekurangan’. Ingatlah bahwa masih banyak hal yang perlu kamu persiapkan setelah kelahiran si kecil, jadi tentu tidak bijak kalau kalian sudah habis-habisan di depan.

3. Jangan ragu dengan hadiah perlengkapan bayi dari teman dan saudara

Saat menjelang melahirkan, mungkin beberapa teman atau bahkan kantor akan memberikan hadiah perlengkapan merawat bayi ataupun berbagai kebutuhan bayi lain seperti ranjang tidur bayi atau mainan bayi. Sepanjang kondisinya baik, jangan gengsi untuk menerima berbagai hadiah tersebut untuk penghematan.

4. Bentuk dana darurat untuk berjaga-jaga

Ada kalanya terjadi hal-hal di luar dugaan menjelang kelahiran sang buah hati. Misalnya, tadinya kamu dan pasangan berencana melakukan persalinan normal namun mendadak harus berhenti menjadi operasi caesar yang membutuhkan biaya lebih besar. Anggarkan dana darurat ini sedini mungkin agar kamu tidak kalang kabut kalau benar-benar terjadi keadaan darurat saat kelahiran si kecil. 

5. Manfaatkan promo belanja

Saat berbelanja persiapan kebutuhan bayi, perhatikan baik-baik apabila ada promo. Saat momen tertentu seperti Hari Ibu atau Hari Anak, beberapa toko mungkin mengadakan promo diskon untuk barang-barang kebutuhan bayi dan anak. 

Kalau punya kartu kredit, coba cek apakah bank penerbit kartu kredit bekerja sama dengan toko atau supermarket tempat Anda berbelanja. Bisa memanfaatkan promo tersebut agar bisa lebih hemat. Lumayan bukan kalau mendapat beberapa promo seperti diskon 20 persen?

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya