Bulan Depan, Pemenang Palapa Ring Paket Timur Diumumkan

Sumber :
  • Mastel

VIVA.co.id – Pemenang dari Palapa Ring paket timur dijadwalkan akan diumumkan bulan depan. Sebelumnya, peserta yang mengikuti paket timur harus ditender ulang, karena pesertanya dinilai tidak masuk dalam kualifikasi yang diajukan oleh pemerintah.

Indonesia Diminta Belajar dari Inggris dan Turki

Hal tersebut diungkapkan Kasbudit Pengembangan Infrastruktur Kementerian Komunikasi dan Informatika Anang Latif yang ditemui usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) pendanaan paket tengah antara Indonesia Infrastructure Finance (IIF) dan LEN Telekomunikasi Indonesia.

"Tanggal 31 Mei itu peserta sudah menyerahkan dokumen dan tanggal 20 Juni sudah diketahui siapa pemenangnya (Palapa Ring paket timur)," ujar Anang di Ruang Bromo, Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa, 24 Mei 2016.

Pemimpin Pasar Telekomunikasi Global Dukung Ekonomi Digital Indonesia

Dengan demikian, pemenang paket timur tersebut lebih cepat dari dugaan. Sebab, beberapa waktu yang lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memperkirakan pemenang tender itu dapat diketahui pada kuartal ketiga.

Anang menjelaskan, untuk menggarap pembangunan fiber optik di wilayah timur tersebut, dibutuhkan capital expenditure (capex) sebesar Rp5 triliun. Disampaikan dia, kalau di area tersebut luas kawasannya 80 persen terdiri laut dan sisanya merupakan daratan.

Jaksa Ungkap Chat Terdakwa Korupsi BTS Singgung Setoran Rp 40 Miliar ke Oknum BPK

"Selama 15 tahun, Palapa Ring di paket barat diperkirakan evaluasinya bisa mencapai Rp14 triliun," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, ada tujuh peserta ikut kualifikasi di antaranya, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Konsorsium Moratelindo-IBS-Smart Telecom, Konsorsium Trisakti Nusantara, Konsorsium PT Matra Mandiri Prima-PT Hitachi Hight Technologies Indonesia, Konsorsium XL-Indosat Ooredoo-Alita, Datacomm-SIMS Konsorsium, dan AJN Konsorsium.

Dari tujuh peserta yang ikut tender Paket Timur, Kominfo hanya meluluskan tiga peserta saja. Ketiga peserta yang dimaksud, yakni PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Konsorsium Moratelindo-IBS-Smart Telecom, dan Konsorsium XL-Indosat Ooredoo-Alita.

Sebagai informasi, ada tiga paket dalam proyek Palapa Ring. Pertama, adalah Paket Barat yang menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna), dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 kilometer. Paket Barat dimenangkan oleh Konsorsium Mora Telematika Indonesia-Ketrosden Triasmitra.
 
Kedua, Paket Tengah yang menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kepulauan Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 kilometer. Pada Paket Tengah dimenangkan oleh Konsorsium Pandawa Lima.
 
Ketiga, Paket Timur yang menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua (sampai dengan pedalaman Papua) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 6.300 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya