Dalam 24 Jam, Italia Telah Selamatkan Ribuan Migran

Ratusan imigran yang berhasil diselamatkan kapal Italia dari laut lepas.
Sumber :
  • REUTERS/Antonio Parrinello

VIVA.co.id – Kapal Patroli Pantai Italia telah membantu penyelamatan lebih dari 2.600 migran yang berusaha mencapai Eropa dari Afrika Utara dengan menggunakan perahu kecil, dalam 24 jam terakhir.

Sepanjang 2016, 3.800 Pengungsi Tewas di Laut Mediterania

Sekitar 2.000 migran tersebut diselamatkan di lepas pantai Libya dari 14 perahu karet dan satu perahu besar, dalam operasi penyelamatan yang dilakukan oleh Angkatan Laut Italia, penjaga pantai, Badan Amal Medecins Sans Frontieres dan Kapal Angkatan Laut Republik Irlandia.

Selain itu, 636 migran diselamatkan dari dua perahu di perairan Maltese dalam operasi yang melibatkan kapal Malta dan Italia. Namun tidak disebutkan darimana asal para migran tersebut.

Pasukan Turki Tembak Mati 8 Warga Suriah

Menurut kantor berita Reuters, Selasa, 24 Mei 2016, lebih dari 31 ribu migran telah mancapai Italia dengan perahu sejauh ini, yang merupakan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Organisasi kemanusiaan mengatakan jalur laut antara Libya dan Italia sekarang menjadi jalur utama bagi pencari suaka menuju Eropa, setelah kesepakatan Uni Eropa dan Turki untuk memperlambat arus masuk orang ke Yunani.

Turki Tuding Militan Kurdi Otak Serangan Bom Mobil

Para pejabat khawatir angka tersebut akan meningkat mengikuti kondisi cuaca yang makin memanas. Lebih dari 1,2 juta migran asal Arab, Afrika dan Asia Selatan lari dari perang dan kemiskinan di negaranya ke Benua Biru sejak awal tahun lalu. Mayoritas dari mereka yang berusaha mencapai Italia menggunakan kapal nelayan atau perahu karet ke pulau Lampedusa di Italia, yang dekat dengan Tunisia, atau ke arah Sisilia.

Ilustrasi pengungsi dari Suriah menuju Turki.

Uni Eropa Gelontorkan Rp10,52 Triliun untuk Pengungsi

Dana tersebut bagian dari paket bantuan sebesar tiga miliar euro.

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2016