Penanganan Kumuh di Daerah Tertinggal Diprioritaskan

ilustrasi pembangunan hunian yang layak
Sumber :
  • ANTARA/Arif Firmansyah

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun ini memprioritaskan dana alokasi khusus (DAK) untuk membantu pemerintah daerah, dalam penanganan pencegahan perumahan dan kawasan permukiman kumuh di daerah tertinggal.

Dukung Insentif PPN, Ciputra Jual Rumah Rp133 Juta Secara Virtual

Selain itu, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin menuturkan, juga diprioritaskan di daerah perbatasan negara, pulau-pulau kecil, dan pulau terluar.

“Saya harap, agar perwakilan pemerintah kabupaten dan kota yang hadir pada kesempatan ini dapat memanfaatkan dan melaksanakan DAK 2016 ini secara baik," tutur Syarif, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Minggu 22 Mei 2016.

Simak Syarat Dapat Rumah Murah untuk Guru di Jawa Barat

Dia menjelaskan, DAK merupakan pola keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, guna mencapai pembangunan yang merata, khususnya dalam penyelengaraan DAK sub bidang perumahan untuk pencapaian target pengurangan backlog (kekurangan hunian) dan  penanganan rumah tidak layak huni. 

Dia menuturkan, penanganan rumah tidak layak huni yang selama ini dilaksanakan melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) telah dimulai sejak tahun buku 2006. 

Hari Guru, Emil Beri Kado Rumah Murah Cicilan Rp900 Ribu

Dalam perkembangannya, program ini dinilai cukup berhasil membantu pemda dalam memberikan pelayanan dasar di sektor perumahan, khususnya untuk mencegah perumahan dan kawasan permukiman kumuh.
 
“BSPS pada prinsipnya, berupaya mendorong masyarakat, agar berdaya dan memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi sendiri pembangunan rumahnya secara swadaya dari semula tidak layak huni menjadi layak huni dalam lingkungan yang sehat dan aman,” ungkap Syarif. (asp)

Viral Rumah Mpok Siti Dijual Murah Rp1 Juta (TikTok/bro_tempe)

Viral Rumah Mpok Siti Dijual Murah Rp1 Juta, Ternyata Ini Alasannya!

Video rumah dijual murah Rp1 juta karena tidak nyaman dengan tetangga viral di media sosial. Pemilik rumahnya bernama Mpok Siti.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2021