Puncak Kepadatan Tol Jakarta-Cikampek Sudah Lewat

Kepadatan kendaraan di Tol Cikampek
Sumber :
  • Akun TMC Polda Metro

VIVA.co.id – Arus lalu lintas di ruas Tol Jakarta-Cikampek sangat padat, hari ini. Namun, PT Jasa Marga mengklaim, kepadatan hingga pukul 20.00 WIB malam ini lebih disebabkan banyaknya kendaraan yang menumpuk di rest area.

Akses Tol Ke Arah Bandung Kembali Dibuka

Juru bicara Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto, mengatakan, kepadatan yang terjadi sepanjang hari ini lebih disebabkan banyak kendaraan yang menumpuk di rest area KM 19, KM 33 dan KM 57.

"Untuk puncak volume kendaraan, sudah berlalu kemarin, sejak sore hari hingga malam hari. Sedangkan saat ini, kepadatan di ruas tol lebih disebabkan penumpukan kendaraan di rest area," jelas Iwan, Kamis 5 Mei 2016.

Selama PSBB Transisi, Jumlah Kendaraan di DKI Jakarta Kembali Normal

Dari data petugas yang diterima Iwan, jumlah kendaraan yang melintas Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, sejak pukul 13.00 WIB hingga 21.00 WIB, tercatat hanya sebanyak 28.296 kendaraan.

"Kalau kemarin, pada waktu yang sama, yang melintas di GT Cikarang Utama sebanyak 72.600 kendaraan. Dan sesuai prediksi kami, kemarin merupakan puncak arus lalu lintas di libur panjang kali ini," ujarnya.

VIDEO: Macet Panjang di Tol Jakarta-Cikampek Terdampak Banjir

Dengan demikian, hanya ada peningkatan volume kendaraan sebesar tujuh persen, dibandingkan arus lalu lintas pada hari biasa.Meski angka itu lebih sedikit dibandingkan hari sebelumnya, tapi kondisi lalu lintasnya lebih padat, imbas dari penumpukan kendaraan di rest area.

Diakui Iwan, pihaknya memprediksi kepadatan jumlah kendaraan sudah habis saat ini. Sehingga, pihaknya hanya perlu fokus pada persiapan arus balik.

"Prediksi kami, masyarakat akan mulai melakukan perjalanan balik pada Sabtu malam sampai dengan Minggu nanti," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya