Kapal Perintis Angkut Warga Liburan ke Pulau Seribu, Kandas

Kapal Sabuk Nusantara 46 kandas saat angkut warga liburan
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Ratusan penumpang yang hendak berlibur ke Kepulauan Seribu direpotkan saat Kapal Sabuk Nusantara 46 sempat kandas di Perairan Pulau Gosong Sekati, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Kamis 5 Mei 2016.

KM Lestari Maju Kandas, Satu dari 4 Korban Tewas Disebut Bayi

Wakil Direktur (Wadir) Polair Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar ZH Dapas, membenarkan kejadian tersebut.

"Kapal Sabuk Nusantara 46 yang mengangkut sejumlah penumpang, yang ingin berlibur wisata ke Kepulaun Seribu kandas di Perairan Pulau Gosong Kepulauan Seribu Utara. Kejadian diperkirakan sekitar pukul 11.05 WIB,” ujar Dapas melalui pesan singkatnya pada VIVA.co.id.

Kepolisian Kepulauan Seribu Kerahkan 7 Kapal Cari Korban

Dapas menjelaskan, peristiwa ini bermula saat kapal yang bertolak dari Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Utara sekitar 08.15 WIB, menuju ke Kepulauan Seribu. Kapal tersebut dinakhodai Kapten Abbas Siraju dan membawa penumpang sebanyak 115 orang.

"Rinciannya dewasa ada 113 orang, sementara anak-anak 2 orang. Sekitar pukul 09.35 WIB, kapal pun bersandar di Dermaga Timur Pulau Untung Jawa terlebih dahulu, untuk menurunkan penumpang yang bertujuan ke Pulau Untung Jawa," ucap Dapas.

Kapal Kandas di Kepulauan Seribu Gara-gara Minim Rambu

Selanjutnya, saat kapal bertolak kembali dari dermaga Pulau Untung Jawa untuk mengantar penumpang tujuan ke Pulau Pramuka, kapal itu pun terkepung karang dan sempat kandas di Perairan Pulau Gosong Sekati.

"Penumpang sempat panik lantaran takut kapal tenggelam akibat terkandas karang. Kami pun mendapat laporan akan hal itu, dan sekitar pukul 11.30 WIB, sebagian penumpang dievakuasi oleh beberapa personel dari Polsek Kepulauan Seribu, Polair Polda Metro Jaya (PMJ), dan Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi (Sudinhubtrans) Kabupaten Kepulauan Seribu, ke Kapal Kerja Sudinhubtrans, dan Kapal Patroli KP- 2008 milik Dit Polair PMJ," ucapnya.

Dapas menambahkan, untuk sementara sebagian penumpang dievakuasi ke kapal Sudinhubtrans Kepulauan Seribu dan Kapal Ditpolair Polda Metro. Sementara untuk Kapal Sabuk Nusantara 46, kata Dapas, pihaknya mengupayakan membantu agar kapal itu lepas dari kandasnya karang.

"Setelah lepas dari karang, Kapal Sabuk Nusantara 46 pun bisa melanjutkan perjalanan. Sebagian penumpang yang dievakuasi dinaikkan kembali ke Kapal Sabuk Nusantara 46. Sekitar pukul 12.15 WIB, Kapal Sabuk Nusantara 46 kembali bisa melanjutkan perjalanannya," kata Dapas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya