Volume Kendaraan di Tol Cikampek Lampaui Libur Natal

kemacetan di Tol Cikampek
Sumber :
  • Akun TMC Polda Metro

VIVA.co.id – PT Jasa Marga Tbk, menyatakan jumlah volume kendaraan yang melintas di ruas tol Jakarta-Cikampek melebihi target. Data dari perusahaan pengelola jalan tol pelat merah itu, sampai pukul 06.00 WIB, total kendaraan yang melintas mencapai 108.947 kendaraan menuju Cikampek.

Akses Tol Ke Arah Bandung Kembali Dibuka

"Data ini terhitung sejak Rabu 4 Mei 2016, mulai pukul 06.00 WIB pagi. Namun, meningkatnya jumlah kendaraan yang kami pantau, memang sudah sejak sore hari kemarin, hingga malam tadi," kata juru bicara Jasa Marga, Iwan Abrianto, Kamis 5 Mei 2016.

Dia mengakui, jumlah volume kendaraan itu melebihi target sebelumnya sebanyak 106.594 kendaraan. "Dari jumlah itu, jelas peningkatan dari hari biasanya, atau normalnya sebanyak 40 persen," ujar Iwan.

Minggu Malam Volume Kendaraan Mudik di Tol Cikampek Meningkat

Lebih lanjut, dia mengatakan, jumlah volume kendaraan pada libur panjang kali ini juga melebihi kondisi, saat lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru 2015.

"Kalau saat libur Natal, angkanya sekitar 107.071 kendaraan, saat ini lebih sedikit," ujarnya.

Libur Panjang, Kendaraan Keluar Jakarta Diprediksi Naik 21,7 Persen

Sementara itu, kondisi arus lalu lintas di Tol Jakarta Cikampek, baik yang menuju arah timur, atau Bandung dan sekitarnya sudah mulai terlihat padat. Bahkan, ekor kemacetan di Tol Dalam Kota sudah sampai di Tebet. Sedangkan dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), ekor kemacetan menuju Tol Jakarta Cikampek ada di Bambu Apus.

"Kepadatan terjadi, karena pertemuan di simpang susun Cikunir, antara dari dalam kota dan JORR," jelas Iwan.

Setelah melewati jalur itu, Iwan berharap, agar para pengendara lebih sabar dalam berkendara, karena kondisi lalu lintas masih terganggu imbas penyempitan laju jalan.

"Kepadatan lebih banyak disebabkan dari kendaraan yang masuk ke rest area. Karena, tiga rest area dalam tol sampai saat ini, masih dibuka, belum ada yang ditutup," kata Iwan.

Sementara itu, kondisi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 51 terlihat lancar, setelah sebelumnya padat. Adapun kepadatan terjadi di gerbang tol Cikarang Utama, Rest Area KM 17, KM 33, dan KM 50. "Namun, setelah itu lancar," tambahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya