Macet Libur Panjang Mulai Terjadi Sore Ini

Ilustrasi macet di tol.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Puncak arus kendaraan saat libur panjang pada perayaan Isa Al-Masih dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW akan terjadi pada Kamis, 5 Mei 2016. Sementara puncak arus balik, terjadi pada Sabtu, 7 Mei 2016.  Namun begitu, peningkatan juga sudah akan terjadi pada sore hari ini.

Antrean Kendaraan di Pintu Tol Cikarang Masih Normal

Menurut Direktur Operasional PT Jasa Marga, Christiantio Prihambodo, kepadatan kendaraan pada awal hari libur akan terjadi sejak sore hingga malam hari ini. Sementara arus balik akan diantisipasi sejak pagi hingga malam hari.

"Pengalaman kami, akan mulai meningkat pada hari ini pukul 16.00 WIB, lalu meningkat padat sampai pukul 22.00 WIB. Nanti pada pukul 23.00 WIB, akan mulai turun (kepadatan). Nah, diharapkan masyrakat bisa membagi perjalanannya dalam dua hari. Di Cibubur Utama nantinya yang paling tinggi," kata Prihambodo.

Menurutnya, pada libur panjang akhir pekan ini diperkirakan terjadi peningkatan volume kendaraan. Saat normal, jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta hanya sekitar 77.000, sementara pada kondisi arus mudik pada akhir pekan ini akan mencapai 105.000 kendaraan atau naik sekitar 36 persen. Sementara arus balik terjadi pada hari Sabtu karena banyak warga yang memilih untuk istirahat pada hari Minggu.

Arus Balik, Tol Cikampek Akan Diberlakukan Contra Flow

“Hari Minggu biasanya digunakan untuk istirahat. Biasanya Sabtu pagi sudah mulai, orang yang bekerja Senin, hari Minggu memilih istirahat. Kepadatan akan mulai beranjak naik pada Sabtu siang dan antisipasi utama adalah penyempitan di KM 66," katanya.

SPBU/Ilustrasi

Libur Panjang Awal Mei, Konsumsi Pertamax Cs Naik 30%

Lebih banyak dibandingkan proyeksi Pertamina.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2016