Liburan, Pengendara Diimbau Jangan Parkir Lama di Rest Area

Ilustrasi/Pemantauan kepadatan lalu lintas di ruas tol
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id – Korps Lalu Lintas Polri siap menerjunkan personelnya untuk melakukan pengamanan jelang libur panjang perayaan Kenaikan Isa Almasih dan Isra Mi'raj pada 5-8 Mei 2016.

INFOGRAFIK: Daftar Rest Area Tol Pulau Jawa

Kakorlantas Polri Brigadir Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto mengatakan anggota kepolisian yang diterjunkan akan ditempatkan di ruas tol Serang, Banten hingga tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah.

"Dari Korlantas kita gerakan 320 personil terbesar di seluruh jalan tol mulai dari Merak sampai Pejagan," kata Agung di kantor Korlantas Polri, Jalan MH. Thamrin Jakarta, Rabu 4 Mei 2016.

Pantau Lalin Via Heli, Menhub: Masyarakat Jangan Lama di Rest Area

Agung juga telah melakukan koordinasi dengan Badan Pengguna Jalan Tol (BPJT) agar personel anggotanya dapat ditingkatkan terutama tempat peristirahatan para pengendara (rest area) di jalan tol.

Ia juga mengimbau kepada para pengendara yang hendak beristirahat di rest area agar tidak terlalu lama memarkirkan kendaraannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan.

Begini Penampakan Rest Area Jalan Tol Setelah Ada Pandemi Corona

"Jangan terlalu lama. Kalau 2-3 jam di situ masyarakat lain tidak bisa masuk. Malah akan terjadi kepadatan di situ. Nanti kita akan mengambil diskresi (kewenangan polisi) kalau diperlukan, jadi tidak boleh berhenti, terus saja," katanya.

Tak hanya itu, kata Agung, pengamanan libur panjang juga akan dilakukan di tempat-tempat hiburan dan wisata yang berada di Jakarta. Namun, tak dirinci lebih jelas berapa jumlah personil pengaman di lokasi wisata tersebut.

"Kita tidak konsentrasi di Jalan Tol tapi juga tempat wisata seperti puncak kan juga sudah jadi agenda masyarakat, Taman Mini, Ancol, dan Ragunan. Semua disiapkan pengamanan oleh Polda Metro Jaya," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Alwi Setiyono mengatakan sebanyak 6.295 personel akan disebar untuk mengamankan libur panjang Isra Mi'raj dan Keniakan Isa Almasih.

Pengamanan itu dilakukan di tempat keagamaan, tempat rekreasi dan lokasi rawan macet. "6.295 Personil ini berasal dari Satgasda (Satuan Tugas Daerah), Satgasres (Satuan Tugas Resor), Dishub (Dinas Perhubungan), Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja), dan Jasa Marga," kata Alwi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya