Ahok: Tinjauan Udara Tentukan Kelanjutan Pulau Reklamasi

Rencana reklamasi Teluk Jakarta oleh pengembang.
Sumber :
  • http://www.pluit-city.com/

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan, peninjauan udara yang akan dia lakukan bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja terhadap proyek reklamasi Teluk Jakarta, Rabu, 4 Mei 2016, dapat menentukan kelanjutan reklamasi di Pulau C dan D.

Ahok dan Tiga Menteri Kunjungi Pulau 'Agung Sedayu'

Rancangan awal proyek reklamasi menunjukkan kedua pulau terpisah oleh kanal. Namun, PT Kapuk Naga Indah, anak perusahaan Agung Sedayu Group, diketahui mereklamasi kedua pulau dengan bentuk menyatu.

"Biar kajian Amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) yang tentukan. Apa nanti (kedua pulau) dipotong atau apa," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Selasa, 3 Mei 2016.

M Taufik Bantah Pernah Bertemu Bos Agung Sedayu

Ahok mengatakan, tinjauan udara yang akan dilakukan besok pada intinya memang dilakukan untuk menentukan kelanjutan tindakan reklamasi terhadap setiap pulau.

Komite bersama (join committee) akan membuat berita acara terhadap setiap pulau yang ditinjau. Berita acara akan digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan, terkait kelanjutan terhadap tindakan reklamasi yang dilakukan terhadap setiap pulau setelah moratorium (penghentian sementara) dicabut.

Ahok Mau Pantau Proyek Pulau Reklamasi

"Kalau enggak sesuai, akan keluar berita acara untuk menyetop. Tapi kalau patokannya mengikuti Amdal, silakan jalan (melanjutkan reklamasi)," ujar Ahok.

Sebelumnya diberitakan, Ahok bersama tiga menteri, yaitu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, akan melakukan tinjauan udara terhadap proyek reklamasi Teluk Jakarta, Rabu, 4 Mei 2016. Ahok dan tiga menteri dijadwalkan terbang menggunakan helikopter dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pukul 08.00 WIB.
 

Basuki Tjahaja Purnama bersama Rizal Ramli

Ahok Tak Tahu Alasan Jokowi Berhentikan Rizal Ramli

"Aku sama Pak RR juga dekat kok".

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016