Trik Baru Jasa Marga Hadapi Macet Lebaran di Jalan Tol

Antrean Tol Cipali di musim mudik 2016.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Perusahaan pelat merah pengelola jasa jalan tol, PT Jasa Marga (Persero), tengah melakukan langkah antisipasi untuk mencegah kemacetan akibat membludaknya kendaraan pada hari libur Lebaran yang akan datang.

Libur Lebaran, Cileunyi Macet Tiga Kilometer

Jasa Marga akan memberlakukan sistem dua cluster, sehingga pembayaran jalan tol nantinya hanya dilakukan di pintu keluar.

"Nanti, di jalan tol ada dua cluster, terutama (dari Jakarta) ke luar Jawa. Cluster pertama, contohnya orang dari Jakarta ambil tiket di (Gerbang Tol) Cikarang Utama, bayarnya nanti di Palimanan KM 200. Kalau dulu, kan di Cikopo bayar tiket lagi, bayar lagi. Jadi, (yang baru) dia masuk dari Tol Jakarta, sekarang bayar di Palimanan," kata Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman, di kantor Kementerian BUMN, Selasa 3 Mei 2016.

H+1 Lebaran, Jalur Menuju Lokasi Wisata Terpantau Macet

Aditywarman melanjutkan, cluster kedua adalah ketika masuk dari Tol Palimanan, di mana saat pengendara tiba di tol Palimanan dan mengambil tiket, pembayaran akan dilakukan saat keluar di Gerbang Tol Brebes Timur.

"Jadi, kita bisa memotong tiga gerbang Jasa Marga. Kan ada di Cipernah, Gerbang Tol Mertapada. Nah, itu sudah enggak ada lagi. Insya Allah jadi satu sistem. Ini kemajuan yang luar biasa dan enggak menghambat pengguna jalan," kata dia.

9 Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Adityawarman menjelaskan, pemberlakuan sistem dua cluster ini akan dimulai pada H-20 Lebaran 2016. Menurutnya, sistem ini akan diuji coba, untuk nantinya diterapkan secara permanen.

"Kita siap tanggal 16 Juni. Itu kan berarti H-20. Nanti kalau ini memang bagus sistemnya, akan kita lanjutkan. Jadi, sekarang enggak dipisah-pisah lagi, baik punya swasta, punya Jasa Marga. Kita anggap jadi satu sistem, supaya meringankan," jelasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menhub Kaget Tol Cikarang Utama Macet saat Lebaran

Banyak warga Jakarta mudik sesudah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2017