Komisi V DPR RI Dukung NTT Bangun Bandara Baru

Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis.
Sumber :

VIVA.co.id – Komisi V DPR RI mendukung rencana pembangunan bandara baru sebagai pengganti bandara El Tari yang ada di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Mengingat meningkatnya jumlah penerbangan dari dan ke Kupang dari tahun ke tahun.

Tak Hadir RDP Banjir, DPR Bandingkan Sikap Anies dan Jokowi

Dibangunnya bandara baru di Kota Kupang tak lain karena NTT saat ini merupakan destinasi (tujuan) wisata yang makin tahun makin meningkat, baik jumlah wisatawan manca negara maupun domestik. Menurut Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Prancis menyebutkan, per Agustus tahun 2015, jumlah penumpang yang ke NTT sebanyak 121.094 orang, sementara yang berangkat sebanyak 121.229 orang.

Selain itu, dibangunnya bandara baru di Kupang adalah untuk membuka jalur baru Kupang-Dili (Timor Leste) dan Kupang-Darwin Australia.

Anies Pilih Temui Warga, Ketimbang Ikut Rapat di DPR Soal Banjir

“Menyangkut slot penerbangan antara Kupang-Dili dan Kupang-Darwin sebanyak 21 slot sudah terpakai. Tentu menambah slot penerbangan, perlu ada MoU baru G to G. Dirjen Perhubungan Udara sudah menyatakan kesediaannya untuk menindaklanjuti atas permintaan MoU slot yang baru ini,” kata Fary Djemy  dalam kunjungan kerja Komisi V DPR ke Provinsi NTT, Kupang, Senin 2 Mei 2016.

Ditambahkannya, saat ini, bandara El Tari yang masih menggunakan dana Angkasa Pura I dan masih menggunakan sebagian lahan milik TNI Angkatan Udara. Pembangunan bandara baru di Kota Kupang juga dikarenakan kenyamanan dan pelayanan bandara yang tidak lebih baik jika dibandingkan dengan Bandara Tambolaka dan Komodo.

Batik Air Mendarat Darurat, Pilot Dilarikan ke Rumah Sakit

“Kalau Angkasa Pura I tidak bisa dikembangkan, kita sudah minta agar diserahkan ke Kemenhub dan dikelola dengan menggunakan APBN. Tapi AP I sudah siapkan Rp85 miliar,” ujar Fary Djemi.(www.dpr.go.id)

Kondisi Bandara El tari Kupang, NTT terdampak Badai Siklon Tropis.

14 Penerbangan di Bandara El Tari Kupang Terdampak Badai di NTT

Saat ini Bandara El Tari Kupang sudah kembali beroperasi. Angkasa Pura I terus melakukan perbaikan dan menyaiapkan antisipasi.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2021