May Day, Ribuan Buruh Tangerang Mulai Bergerak ke Jakarta

Buruh Tangerang bertolak menuju Jakarta, Minggu, 1 Mei 2016.
Sumber :
  • Anisa Maulida/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ribuan buruh yang tergabung dari berbagai serikat di wilayah Tangerang, mulai bergerak menuju Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, untuk memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, yang jatuh hari ini.

Protes PHK Sepihak, Ratusan Buruh Blokir Tol Bitung

Berdasarkan pantauan, ribuan buruh Tangerang berkumpul di rest area KM 14 Tol Karang Tengah, Tangerang untuk bersama-sama menuju Jakarta.

Menurut salah seorang Koordinator Aksi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Tangerang, Susilo, tujuan para serikat buruh menuju Jakarta untuk menuntut hak-hak buruh yang sampai saat ini belum terealisasi.

Pencairan Dana Jaminan Hari Tua Naik 266%

"Meskipun peringatan May Day ini jatuh pada hari libur, kami tetap akan melakukan orasi di Jakarta. Karena, May Day merupakan bentuk di mana kami harus memperjuangkan hak secara internasional," ungkapnya, Minggu, 1 Mei 2016.

Dia menyatakan, tuntutan buruh pada peringatan May Day tahun ini fokus pada pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 terkait pengupahan, hingga persoalan jaminan kesehatan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Kawan Kena PHK Jelang Puasa, Buruh Depok Gelar Unjuk Rasa

Para buruh kali ini menyuarakan setop pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh perusahaan.

Pantauan di lokasi, ribuan buruh Tangerang bergerak menuju Jakarta menggunakan bus dan kendaraan roda dua. Dalam aksinya menuju Jakarta, ribuan buruh juga mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian Polresta Tangerang.

Ilustrasi pekerja asing dari Asia

Negara-negara ini Terapkan Aturan Kerja yang Tak Lazim

Aturan yang ditetapkan sesuai dengan pemerintah masing-masing negara.

img_title
VIVA.co.id
6 Juni 2016