Ribuan Buruh Mulai Padati Bundaran Patung Kuda

Aksi buruh memperingati Hari Buruh Sedunia di Jakarta, Minggu (1/5/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Ribuan buruh dari berbagai serikat mulai memadati bundaran Patung Kuda atau Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, sebagai aksi memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh hari ini Minggu, 1 Mei 2016.

Pengalihan Arus Lalu Lintas di Ibu Kota Saat Hari Buruh

Ribuan buruh itu terdiri atas Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Persatuan Pegawai PT Indonesia Power, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPI), dan beberapa serikat buruh lainnya.

Membawa sejumlah atribut, mulai dari spanduk dan poster berisi tuntutan mereka, hingga bendera panji serikat pekerjanya, para buruh meneriakkan kata-kata "Hidup buruh," berulang kali.

May Day 2017 Tinggalkan Luka bagi Buruh

Beberapa tuntutan buruh yang tertulis di poster-poster tersebut antara lain, setop PHK massal, tolak reklamasi Jakarta, tolak upah murah, dan lainnya.

Seperi diketahui, Ketua KSPI Said Iqbal menyerukan kepada massa buruh agar berkumpul di Bundaran Patung Kuda atau Silang Monas Selatan, dalam peringatan hari buruh internasional yang digelar hari ini.

Ditinggal Jokowi ke Hong Kong, Buruh Kecewa

Itu dilakukan untuk menghormati warga Jakarta yang juga melakukan rutinitas di hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) setiap hari Minggu.

"KSPI dengan ini menyampaikan bahwa titik kumpul aksi buruh se-Jabodetabek di jakarta pada May Day 2016 jam 10.00 pagi adalah di Patung Kuda Indosat, bukan di Bundaran HI," ujar Said melalui pesan singkatnya, Minggu 1 Mei 2016.

Menurut Said, ribuan buruh yang telah berkumpul di Bundaran Patung Kuda akan melakukan long march ke depan Istana Merdeka.

Usai itu, pukul 13.00 WIB, para buruh akan bergerak ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk mengikuti acara puncak perayaan May Day 2016.

"Di SUGBK kami akan mendeklarasikan ormas buruh bernama Rumah Rakyat Indonesia (RRI) dan ORI," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya