Massa Buruh Tetap Bergerak Menuju Bundaran HI?

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Moechgiyarto di Bundaran HI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Ribuan buruh siap menggelar aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia yang bertepatan hari ini, Minggu 1 Mei 2016. Bundaran HI dikabarkan tetap menjadi titik kumpul massa yang saat ini masih ramai digunakan warga Jakarta beraktivitas santai atau pun berolahraga di momen hari bebas kendaraan bermotor.

May Day 2017 Tinggalkan Luka bagi Buruh

Para buruh dikabarkan tetap melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran HI, meski sudah diminta pihak kepolisian untuk tidak melakukan aksi di kawasan ini, lantaran Bundaran HI bukanlah kawasan untuk berunjuk rasa lagi sekarang.

Meski begitu, hingga saat ini, belum ada dari mereka yang terlihat melakukan aksi di Bundaran HI. Dari pantauan, di Bundaran HI, hingga saat ini masih dipenuhi oleh warga yang sedang menikmati Car Free Day (CFD) seperti biasanya.

Ditinggal Jokowi ke Hong Kong, Buruh Kecewa

Seorang buruh bernama Ismail (27) yang ditemui di sekitaran Bundaran HI mengatakan aksi akan mereka mulai sekira pukul 09.00 WIB di Bundaran HI. Hingga kini, massa buruh masih di jalan menuju ke HI katanya.

"Jam 09.00 WIB kami masuk (Bundaran HI)," katanya di lokasi, Minggu, 1 Mei 2016.

Ada Demo Buruh, TransJakarta Ubah Empat Rute

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Moechgiyarto terlihat datang ke Bundaran HI guna mengecek kesiapan pasukannya mengantisipasi keamanan. Kapolda kemudian masuk ke Pos Polisi (Pospol) HI tanpa sepatah kata pun.

Ribuan buruh akan menggelar aksi unjuk rasa, hari ini, 1 Mei 2016. Mereka akan memperingati May Day atau yang biasa disebut Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada 1 Mei.

Dilaporkan Twitter @TMCPoldaMetro, aparat kepolisian telah menggelar apel pagi ini guna menjaga keamanan. Para petugas berseragam cokelat itu sudah siap mengantisipasi kegiatan perayaan tersebut.

Apel kesiapan pengamanan digelar di Lapangan Polda Metro Jaya. Informasinya, pelaksanaan kegiatan perayaan May Day dipusatkan di tiga lokasi, yakni depan Istana Jalan Medan Merdeka Utara, Gelora Bung Karno, dan depan gedung DPR Jalan Gatot Subroto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya