Biaya Haji Resmi Turun

Kedatangan jemaah haji dari Arab Saudi di Sumatra Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA.co.id – Menteri Agama Indonesia, Lukman Hakim Saifudin bersama dengan Komisi VIII DPR RI telah menandatangani Naskah Penyelenggaraan Biaya Ibadah Haji (PBIH) tahun 2016.

Layanan Haji, dari Transportasi hingga Hotel Bintang Tiga

"Komitmen kita dan Komisi VII itu tinggi, yaitu kualitas penyelenggaraan haji tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Kita bersyukur PBIH dari sisi kurs dolar mengalami penurunan jadi rata-ratanya US$2.585," kata Lukman, Sabtu, 30 April 2016 di gedung DPR RI, Jakarta.

Ia mengatakan satu hal yang diutamakan adalah bagaimana kualitas pelayanan semakin baik dari tahun lalu. Setelah ini, kata dia, kita akan segera ajukan kesepakatan ini ke presiden.

Di Sidrap, Harus Menunggu 32 Tahun untuk Bisa Naik Haji

"Lalu beliau bisa menuangkan ke Keppres. Setelah itu sudah sekitar seminggu mudah-mudahan diselesaikan. Harapan kami pertengahan Mei ini bisa diumumkan ke masyarakat khususnya calon jemaah yang akan lunasi setoran awalnya (Rp25 juta)," kata dia.

Kemudian terkait dengan pembatalan tambahan 10.000 kuota jemaah untuk tahun ini, Lukman menjelaskan bahwa hal itu diputuskan karena MoU yang ditandatangani dengan Arab Saudi sama dengan tahun lalu yaitu 168.800 orang.

Dana Haji Diprediksi Tembus Rp119 Triliun pada 2020

"Lalu yang 10.000 kita tidak gunakan karena tidak ada landasan hukumnya," kata dia.

Bangunan ka'bah.

Ke Arab, Menag Pastikan Kesiapan Penyelenggaraan Haji

Tahun ini, jemaah haji Indonesia mencapai 168.800 orang.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2016