Peringatan Hari Buruh, Polisi Tetapkan Siaga Satu

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Moechgiyarto menegaskan, kepolisian telah menetapkan status siaga satu saat peringatan Hari Buruh atau May Day, Minggu, 1 Mei 2016.

Ditinggal Jokowi ke Hong Kong, Buruh Kecewa

Ia berharap para buruh tidak turun ke jalan. Namun, jika tetap menggelar aksi, diharapkan bisa berjalan dengan tertib. "Atau ada kegiatan lain, misalnya seperti yang akan dilakukan teman-teman buruh di Depok, bersama kapolres, akan mengisi kegiatan di Depok Police Expo," kata Moechgiyarto usai membuka Depok Police Expo, di Margocity, Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, Jumat, 29 April 2016.
        
Pada kegiatan Depok Police Expo 2016, kata dia, polisi telah membuka diri kepada masyarakat untuk memperkenalkan kesatuan-kesatuan yang ada di Polresta Depok. Di antaranya Tim Jaguar yang dikenal sebagai tim penjaga gangguan antikerusuhan.

Tim kecil ini diberi tugas khusus untuk antisipasi kejahatan jalanan, tawuran, dan balapan liar. "Yang paling penting implementasinya, bukan jargonnya," kata Moechgiyarto.
                
Moechgiyarto mengaku cukup kaget dengan banyaknya pengunjung di pergelaran ini. "Banyak pengunjung yang antusias, ada yang menuliskan pesannya di buku tiap booth satuan," ujarnya. 

Janji Buruh KSPSI kepada Jokowi Jelang Hari Buruh 2017

Di tempat yang sama, Kapolresta Depok Komisaris Besar Polisi Dwiyono menambahkan, kegiatan ini digelar untuk memberikan pemahaman masyarakat terkait kerja masing-masing kesatuan di Polresta Depok. Sebab, tidak semua masyarakat tahu secara detail kerja masing-masing kesatuan di institusi kepolisian.

"Selain pameran, pengunjung juga akan semakin mengenal fungsi dari tiap satuan di kepolisian," ujarnya.

Tahun Ini, Operasi Ketupat Ganti Nama

Seperti diketahui, perayaan May Day bakal dijaga 16.443 personel gabungan yang berasal dari Satuan Tugas Polda Metro 5.926 personel, Polres 6.443 personel, Mabes Polri 1.058 personel, TNI 600 personel, dan pemerintah daerah 2.456 personel.

Ilustrasi aksi Hari Buruh di Sejumlah Daerah Indonesia

May Day 2017 Tinggalkan Luka bagi Buruh

Polisi klaim aksi buruh di Jakarta tertib.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2017