Red Bull Pamer Pelindung Kokpit Mobil F1 di GP Rusia

Pelindung kokpit di mobil F1 Red Bull
Sumber :
  • crash.net

VIVA.co.id – Red Bull akhirnya memamerkan pelindung kokpit atau aeroscreen di mobil RB12 pada latihan bebas pertama GP Rusia di Sirkuit Sochi Autodrom, Jumat 29 April 2016. Pembalap Daniel Ricciardo yang pertama kali menggunakannya.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Pelindung kokpit transparan tersebut ditempatkan di depan si pembalap, yang bertugas untuk melindungi dari kecelakaan hebat. Seperti dilansir Crash, Federasi Otomotif Internasional (FIA) memang sudah mulai mempertimbangkan pelindung kokpit ini demi keamanan pembalap.

Untuk pelindung kokpit milik Red Bull ini, memang cukup canggih dan kuat. Dalam video yang dirilis oleh pihak Red Bull, terlihat bila pelindung tersebut kuat dalam menahan hantaman keras ban mobil F1 dengan kecepatan 225kph, hingga proyektil sebesar 1kg.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Sebelum Red Bull, Ferrari lebih dahulu memperkenal pelindung kokpit mereka dengan nama Halo pada mobil SF16-H pada tes pramusim di Sirkuit de Barcelona-Catalunya. Saat itu, Kimi Raikkonen yang berkesempatan untuk mencobanya.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Adanya pelindung kokpit ini sendiri sempat menghadirkan pro kontra, sebab banyak pihak menilai hal tersebut membuat mobil terlihat jelek. Namun, Ricciardo menyatakan adanya kokpit pelindung cukup baik demi keselamatan si pembalap.

"Saya setuju dengan ini karena alasan keselamatan. Saya katakan, jika ini bisa menyelamatkan satu nyawa hingga 20 tahun ke depan, Anda harus menerimanya. Jadi, karena alasan tersebut, Anda harus terbuka terhadap perubahan," kata Ricciardo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya