Umumkan Autopsi Siyono, Komisioner Komnas HAM Diteror

Komisioner Komnas HAM, Siane Indriyani.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko

VIVA.co.id – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Siane Indriyani, mengaku mendapatkan serangkaian teror, usai mengumumkan hasil autopsi terhadap terduga teroris asal Klaten, Jawa Tengah, Siyono.
 
Dia menceritakan beragam teror yang dialaminya, seperti rumah didatangi sejumlah aparat pada malam hari. Satuan Pengamanan (Satpam) kompleks didatangi orang menanyakan berbagai kegiatan suami dan keluarganya.

Komnas HAM Sayangkan Ulah Buzzer Membullying Bintang Emon

"Saya yakin, ini berkaitan dengan autopsi Siyono," ungkap Siane di Semarang, Jawa Tengah, Jumat 15 April 2016.
 
Bahkan, ada juga orang yang berteriak-teriak di depan rumahnya. "Tak jelas apa yang diteriakkan. Tapi pas dilihat orangnya lari. Kejadiannya subuh kemarin," katanya
 
Tak cuma itu, dalam beberapa hari terakhir, juga banyak orang asing di daerahnya berlalu lalang sekitar rumah. Kemudian, foto suaminya diunggah melalui media sosial tanpa ada izin.

"Saya meminta stop teror keluarga saya," tegas Siane.
 
Siane juga menyebut ada surat kaleng yang mendiskreditkan Komnas HAM, Muhammadiyah dan TNI. Surat itu dikirim ke PP Muhammadiyah. 
 
"Ada pihak-pihak yang secara sistematis menghalangi autopsi dengan berbagai macam cara. Dan menghalalkan segala cara," jelasnya.

Komnas HAM: Darurat Sipil Keliru, RI Darurat Pelayanan Kesehatan

Sebelumnya diketahui Siyono tewas setelah ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror. Menurut hasil visum Polri, dia tewas setelah terkena benda tumpul di kepalanya akibat melakukan perlawanan.

Namun, tim forensik independen dari PP Muhammadiyah mengungkapkan temuan berbeda. Hasil autopsi mereka menyimpulkan Siyono tewas karena tulang rusuknya patah dan menusuk ke jantung.

Janji Tindaklanjuti Kasus HAM Paniai Papua, Mahfud: Saya Jaminannya
Bintang Emon.

Komnas HAM Persilahkan Bintang Emon Melapor

Komnas HAM sayangkan fitnah terhadap Bintang Emon.

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2020