Rompi Ini Bisa Lindungi Pengendara Motor Saat Jatuh

Rompi yang dilengkapi kantung udara buatan Helite.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Meski menjadi alat transportasi yang praktis untuk digunakan, namun tidak dapat dipungkiri, bahwa tingkat keamanan sepeda motor masih di bawah kendaraan lainnya.

Tak Lama Lagi, Airbag Juga Dipasangi di Luar Mobil

Dengan hanya mengandalkan dua roda untuk bergerak, pengendara motor dapat dengan mudah jatuh, jika tidak bisa menguasai kendali motor dengan benar.

Adanya helm dan jaket dianggap belum maksimal untuk melindungi pengendara dan penumpang dari luka yang mungkin timbul akibat kecelakaan.

Faktor yang Bikin Airbag Tak Mengembang Saat Tabrakan

Itu sebabnya, beberapa perusahaan terus mengembangkan alat yang dapat meningkatkan keselamatan berkendara. Salah satunya Helite, perusahaan penyedia peralatan keamanan asal Prancis.

Dilansir dari Autoevolution, Rabu 23 Maret 2016, Helite baru-baru ini merilis produk terbaru mereka. Produk unggulan ini berbentuk rompi, yang dapat dikenakan pengendara saat cuaca panas.

Efek Buat Pengendara Jika Airbag Mobil Mengembang

Meski bentuknya rompi, namun produk ini sudah dilengkapi dengan kantung udara yang dapat mengembang dalam waktu sepersekian detik.

Cara kerjanya cukup sederhana, sebuah tali diikat ke setang atau bagian motor lainnya. Tali ini berfungsi untuk mengaktifkan tabung CO2 yang ada di dalam rompi.

Agar tidak mudah tercabut, penyumbat tabung dibuat agar tidak bisa aktif, meski ditarik dengan kekuatan yang cukup besar.

Namun, saat tubuh pengendara terlempar dari motor, tali akan menarik penyumbat, membuat gas CO2 mengisi kantung-kantung yang ada di bagian depan dan belakang rompi.

Uniknya, kantung udara bisa dikempiskan dan digunakan kembali, asalkan rompi tidak sobek atau rusak.

Helite menjual rompi ini dengan harga US$599, atau setara dengan Rp8,4 juta. Selain rompi, mereka juga menyediakan produk ini dalam bentuk jaket.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya